Lihat ke Halaman Asli

Muf

Mahasiswa

Pemira FMIPA UM 2023

Diperbarui: 15 Desember 2023   14:17

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada hari Jum’at tanggal 08 Desember 2023 telah dilaksanakan e-voting PEMIRA OPM seluruh fakultas di UM melalui lama pemira.um.ac.id. Kegiatan PEMIRA ini bertujuan untuk memilih posisi yang akan menduduki jabatan Ketua dan Wakil Ketua OPM yang ada di  Fakultas. Namun, sebelum itu terdapat beberapa serangkaian kegiatan untuk menuju puncak acara PEMIRA ini, yaitu adanya pengambilan dan pengumpulan berkas yang dilakukan oleh bakal calon pada tanggal 24-29 November 2023 setiap pukul 07.00-16.00 WIB. Kemudian dilanjut dengan adanya briefing calon yang telah lolos seleksi administrasi pada tanggal 01 Desember 2023, disini dari KPF dan PANWASLU FMIPA UM 2023 menjelaskan tata tertib kampanye tulisan yang dilaksanakan dari tanggal 2 Desember 2023 hingga 5 Desember 2023 dan tata tertib kampanye lisan serta debat calon yang dilaksanakan pada tanggal 5 Desember 2023 pukul 09.00-16.00 WIB.
Proses pelaksanaan PEMIRA UM terlaksana dengan baik walaupun terdapat suka dan duka dalam penyelenggaraan. Terdapat beberapa aspirasi yang masuk baik itu berifat pro maupun kontra. Hal ini akan menjadikan evaluai KPF MIPA UM ditahun depan. Dalam PEMIRA FMIPA tahun ini terdapat 33% kontribusi mahasisa FMIPA dari 4672 mahasiswa FMIPA yang terdaftar pada DPT dan terdapat 15 kandidat dari FMIPA baik yang mencalonkan diri ke DPM Universitas maupun OPM yang ada di Fakultas. Pelaksanaan PEMIRA di FMIPA sendiri memfasilitasi sebuah TPS yang berada di Gedung B23 Ruang 206. TPS ini bertujuan untuk memfasilitasi mahasiswa FMIPA yang memiliki kendala pada device ataupun pada wifi yang harus menggunakan wifi um sehingga demokrasi pada PEMIRA tahun ini tetap berjalan dan mengurangi adanya golput.
Untuk pembukaan suara hasil e-vote dilaksanakan di hari Jum’at secara langsung setelah penutupan e-voting. Pembukaan hasil suara di Fakultas MIPA dilaksanakan di Ruang Rapat Lantai 1 Gedung B20 dan menghadirkan beberapa tenaga kerja dari fakultas, timses dari calon ataupun calon itu sendiri sebagai saksi. Pembukaan hasil suara juga disiarkan di live streaming instagram dari KPF MIPA UM 2023. Pembukaan hasil suara e-vote dipimpin langsung oleh Wakil Dekan 1 FMIPA, Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. dan didampingi oleh ketua KPF MIPA UM 2023, Farras Alif Daffa’. Sebelum membuka hasil suara Wakil Dekan 1 FMIPA memberikan sedikit sambutan. Dari sambutan tersebut diharapkan calon OPM yang sudah terpilih pada PEMIRA UM 2023 dapat bertanggungjawab dalam melaksakan tugas dengan amanah dan menepati janji-janji yang sudah disampaikan pada kampanye lisan serta debat calon. Kemudian diakhiri dengan ucapan selamat dari Wakil Dekan 1 FMIPA Prof. Dr. Sri Rahayu Lestari, M.Si. kepada calon yang sudah terpilih, serta diakhiri dengan dokumentasi bersama Wakil Dekan 1 FMIPA, tenaga kerja fakultas, dan saksi-saksi yang sudah hadir,




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline