Lihat ke Halaman Asli

Bebi Octaviona

Saya mahasiswi jurusan Akuntansi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam di UIN Raden Mas Said Surakarta

Pendekatan Tasawuf sebagai Jalan Hidup yang Bermakna bagi Masyarakat di Indonesia

Diperbarui: 15 Oktober 2024   13:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pendekatan Tasawuf Sebagai Jalan Hidup Yang Bermakna Bagi Masyarakat Di Indonesia

Oleh :

Bebi Octaviona (235221094)

Akuntansi Syariah

UIN Raden Mas Said Surakarta

Di tengah hiruk -- pikuk kehidupan modern yang dipenuh dengan kesibukan dan materialisme, banyak orang merasa telah kehilangan makna hidup. Kecemasan, kejenuhan, dan ketidakpuasan semakin sering mengganggu keseharian kita.  Terutama masyarakat di Indonesia yang menghadapi berbagai tantangan, seperti ketidakpastian ekonomi, tekanan sosial, dan meningginya tingkat stress.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menyebutkan angka gangguan kecemasan yang dialami oleh masyarakat mengalami kenaikan sebesar 6,8 % selama masa pandemi COVID-19. Sepanjang tahun 2020, sebanyak 18.373 jiwa mengalami gangguan kecemasan, lebih dari 23.000 mengalami depresi dan sekitar 1.193 jiwa melakukan percobaan bunuh diri, hal tersebut benar -- benar membutuhkan penanganan yang serius.

Berdasarkan riset dari detikhealth ini mengukur beberapa indikator yang dirasakan di tempat kerja, salah satunya tingkat stres. Di sisi lain, dalam hal mengalami perasaan marah dan sedih dalam sehari, Indonesia berada pada peringkat yang jauh lebih tinggi Sebanyak 20% responden Indonesia mengatakan mereka mengalami banyak kemarahan dalam sehari, sementara 27% dari mereka mengatakan mereka merasa sedih.

Laporan lain yang diterbitkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020 juga menunjukkan peningkatan kecemasan di kalangan masyarakat Indonesia selama pandemi COVID-19, di mana lebih dari 60% responden melaporkan mengalami kecemasan terkait kesehatan dan ekonomi.

Dalam kondisi seperti ini, pendekatan tasawuf dapat menjadi salah satu solusi untuk menemukan kedamaian batin, kebijaksanaan, serta pemahaman yang lebih mendalam tentang hidup. Tasawuf menekankan pada penyucian hati (tazkiyatun nafs), introspeksi, dan pengendalian diri, yang membantu individu menemukan makna hidup yang lebih dalam. 

Tasawuf mengajarkan refleksi diri, penyadaran emosi, serta penerimaan takdir sebagai jalan untuk mengatasi kegelisahan. Tasawuf menekankan bahwa kebahagiaan sejati tidak terletak pada harta atau status sosial, melainkan pada kedekatan dengan Allah SWT. dan kebersihan hati dari sifat negatif seperti keserakahan, kebencian dan kesombongan. Melalui dzikir, meditasi, dan introspeksi diri, kita diajak untuk mengendalikan hawa nafsu dan berikhlas dalam setiap tindakan dengan tujuan mencapai kedekatan dengan Sang Pencipta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline