Lihat ke Halaman Asli

Analisis Media Sosial: Instagram dan Twitter PLN Jogja

Diperbarui: 9 Mei 2018   03:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

sumber gambar: twitter PLN Jogja

Zaman yang semakin maju membuat dunia mengalami perubahan. Salah satunya perubahan pada penggunaan media. Peralihan ke media baru dari media konvensional sudah di alami oleh masyarakat Indonesia bahkan masyarakat dunia. Saat ini, media digital banyak digunakan oleh perusahaan manapun untuk membantu proses komunikasi kepada stakeholder perusahaan.

Satu hal yang sering salah pada persepsi pihak perusahaan adalah menggunakan media baru yang masih sama dengan media konvensional. Penggunaanya masih menggunakan metode lama dan sifatnya masih one way communication. Padahal, di media baru sifat audience sangat jauh berbeda dibandingkan dengan aundience di media konvensional.

Strategi mengelola media sosial perlu dilakukan oleh perusahaan supaya dapat mengenali audience nya dan proses penyampaian informasi dapat dilakukan secara cepat dan tepat.

How to Manage Social Media?

Dilansir dari krusecontrolinc.com dengan tulisan yang berjudul "Social Media Manager Job Description: A Complete Guide", terdapat penjelasan mengenai hal-hal yang perlu dilakukan oleh perusahaan dalam mengelola dan memanfaatkan media sosial sebagai media informasi untuk khalayak. Perusahaan harus melakukan strategi di dalam media sosial agar mampu menarik perhatian khalayaknya dengan cara mengembangkan dan menerapkan rencana pemasaran media sosial. Rencana pemasaran akan mencakup komponen-komponen berikut dan harus ditinjau tidak kurang dari setiap 90 hari.

1. Pengembangan Merek

"Mengapa" adalah alasan pelanggan membeli. Pesan "mengapa membeli di sini" perlu dibuat secara unik dan matang agar pembeli tertarik membelu, didukung oleh fakta (penghargaan, angka, kebijakan di dalam toko) dan menjawab "Apa untungnya bagi saya?" bagi pembelanja.

2. Identifikasi Target Pelanggan

Produk Anda tidak mungkin menjadi segalanya bagi semua orang. Target menjadi elemen penting agar proses penyampaian pesan bisa sampai ke target yang tepat dan sesuai yang diharapkan oleh perusahaan. Lakukan identifikasi target!

3. Tetapkan Tujuan yang Jelas

Dalam menetapkan sasaran, penting untuk mengidentifikasi tantangan apa yang dialami bisnis. 5 ini adalah yang paling umum:

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline