Lihat ke Halaman Asli

Introvert Bukan Berarti Antisosial

Diperbarui: 5 Januari 2024   08:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Lyfe. Sumber ilustrasi: FREEPIK/8photo

Apakah orang yang pendiam adalah introvert?

Lalu, apakah introvert tidak lebih pandai dalam bersosialisasi?

Secara umum, ketika menjumpai seseorang yang menutup diri dan enggan berbicara dengan orang lain, bahkan sekedar menatap mata lawan bicaranya, kemungkinan besar ia akan dilabeli sebagai introvert atau antisosial. Hal itu menunjukkan masih banyaknya kekeliruan persepsi masyarakat mengenai seorang introvert.

Lho, bukannya sama? Introvert dan antisosial 'kan sama-sama pendiam dan kurang suka bersosialisasi. Bahkan, tidak jarang ditemukan di artikel maupun karya tulis lainnya, penulisan seperti antisosial (introvert) atau introvert (antisosial).

Jika sedari awal introvert dan antisosial sudah didefinisikan seperti itu, maka enggak heran banyak orang yang menyamakan keduanya. Walaupun terkesan simpel, namun bagi kaum introvert persoalan ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Pelabelan secara sepihak dengan mengatakan orang introvert sebagai 'ansos' sering menimbulkan kekesalan di dalam kalbu.

Sebenarnya, introvert itu apa sih?

Konsep introvert dan ekstrovert tidak sesimpel mengaitkan introvert dengan sebutan pendiam dan pemalu, maupun ekstrovert dengan sebutan cerewet dan suka bergaul. Salah banget konsep seperti itu!

Apabila menelaah dari akarnya, pencipta teori introvert dan ekstrovert ini, psikiater dan psikoanalisis asal Swiss bernama Carl Gustav Jung, mengungkapkan pada dasarnya semua orang mempunyai sisi ekstrovert dan introvert di dalam dirinya, tinggal tipe kepribadian apa yang lebih dominan.

Menurut Jung (1921), ekstrovert dan introvert bukan tentang pendiam atau suka ngomong, namun terletak pada cara mereka memperoleh energi. Kaum ekstrovert mendapatkan energi dari luar, contohnya berinteraksi dengan orang lain. Sedangkan, kaum introvert mendapatkan lebih banyak energi saat sedang sendirian, seperti melalui ketenangan dari dalam diri.

Jadi, introvert adalah tipe kepribadian manusia yang membutuhkan lebih banyak waktu sendirian untuk mengisi ulang energi sosialnya. Mereka mampu bersosialisasi dan peduli pada orang di sekitarnya, kok! Nyatanya, banyak ditemukan orang introvert yang punya banyak teman dan suka berbaur. Kalau mereka sedang kewalahan dan menjadi lebih pendiam, berarti mereka sedang mengisi energinya, ya!

Tentang Antisosial

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline