Lihat ke Halaman Asli

Bagaimana Agar Hidup Menjadi Mudah dan Bahagia?

Diperbarui: 26 Juni 2015   04:58

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Ada 10 Tips AGAR HIDUP MENJADI MUDAH DAN BAHAGIA yang saya tulis dalam buku “BAHAGIA ITU MUDAH” . Salah satunya adalah “Doa yang Disambut Allah”. Silakan di baca dan dihayati….

Allah berfirman dalam surah Al Mu’min ayat 60 :”Dan Tuhanmu berfirman,”Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan kukabulkan.” Ayat ini memberitahukan kepada kita bahwa apabila kita berdoa kepada Allah dengan adab berdoa yang benar, maka Allah akan mengabulkannya. Namun, sebagian orang merasa bahwa doanya belum dikabulkan Allah. Mereka sudah berdoa bertahun-tahun, tapi doa tersebut belum terwujud. Ada yang berdoa supaya sukses, ternyata selalu gagal. Ada yang minta kaya, ternyata tetap miskin. Ada yang minta sehat, ternyata masih sakit-sakitan. Ada yang minta agar hidupnya mudah, ternyata masih susah. Ada juga yang minta anak, tapi istrinya tak kunjung hamil.

Mengapa demikian? Penyebab pertama adalah keyakinan diri. Keyakinan kita terhadap isi doa dan terhadap Allah Yang Maha Mengabulkan Doa masih belum kuat. Allah berfirman: ” Aku seperti apa yang disangkakan hamba-Ku, kepada-Ku.” (Hadits Qudsi). Ya, betul. Allah mengikuti apa yang kita pikirkan tentang Dia. Apa pun persangkaan kita kepada Allah, Dia pasti mengikutinya.

Jika kita ragu dengan Allah, maka Allah tidak akan mengabulkan doa kita. Dan jika kita yakin Allah akan mengabulkan, maka Allah akan mengabulkan 100%.

Penyebab yang kedua adalah tidak berusaha merubah diri. Ibnu Ath-Tha’illah menjelaskan dalam kitab Al-Hikam : “ Bagaimana engkau menginginkan sesuatu yang luar biasa, padahal engkau sendiri tidak mengubah dirimu dari kebiasaanmu? Kita banyak meminta, banyak berharap kepada Allah, tapi sibuknya meminta kadang membuat kita tak sempat menilai diri sendiri. Padahal kalau kita meminta dan berakibat kita mengubah diri, maka Allah akan memberi apa yang kita minta. Karena sebenarnya doa itu adalah pengiring agar kita bisa mengubah diri kita. Jika kita tidak pernah mau mengubah diri kita menjadi lebih baik, maka tentu ada yang salah dengan permintaan kita.” Mari kita perhatikan firman Allah dalam surah Ar-Ra’du ayat 11 yaitu “…Sesungguhnya Allah tidak akan merubah nasib suatu kaum sebelum mereka merubah nasib mereka sendiri…”

(Dikutip dari BUKU BAHAGIA ITU MUDAH karangan Akhmad Jazuli)

Kesaksian Pembaca Buku dan Mereka yang Konsultasi di Komunitas Orang Bahagia (2.580 anggota) dan Rumah Terapi S2Q :

Nurlaila Fithriyani Td siang k2 sy m’minta sy utk m’bca buku karangan Pak Ustadz “Bahagia Itu Mudah”, krna k2 sy tau slma bbrp minggu ini emosi sy sangat labil dlm m’hadapi mslh yg sdg sy alami. Stlh m’bca’y, sy jd b’pkr bhwa g s’harus’y sy t’lalu m’bebani hti n pikiran sy dgn mslh2 itu. Sy jg mulai m’yakini smua yg t’jd pd sy saat ini ad…lh ketentuan ALLAH yg s’harus’y d’syukuri, bukan utk d’tangisi bahkan m’hukum diri sndri.

Sy b’harap smga sy bs m’nemukan k’bahagiaan yg hakiki & m’jd s’seorg yg lbh baik lg. Amien..

9 jam yang lalu · SukaTidak Suka ·

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline