Lihat ke Halaman Asli

Beni Saputra

Mahasiswa

5 Destinasi yang Wajib Kamu Kunjungi Saat Pergi ke Kota Bukittinggi

Diperbarui: 15 Juni 2022   23:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber Gambar Kompas.com

Bukittinggi adalah salah satu kota yang terdapat di Provinsi Sumatera Barat, terletak di antara Gunung Marapi dan Gunung Singgalang. Tidak heran jika Bukittinggi dijuluki kota wisata. Hal ini dikarenakan Bukittinggi dipenuhi oleh destinasi yang menjadi sejarah Indonesia, indah, bagus dan juga tidak terdapat di daerah lain. Orang Bukittinggi biasa menyebutnya ranah minang, bumi nan rancak bana. 

Nah, jika pergi ke Bukittinggi kamu harus mengunjungi 5 tempat ini. Jika kamu tidak berkunjung kesini, kamu belum pernah ke Bukittinggi. Apa saja destinasinya. Mari kita paparkan satu per satu.

1. Jam gadang

Sumber Gambar Wikipedia

Jam gadang menjadi urutan pertama destinasi yang harus kamu kunjungi. Jam gadang sendiri adalah ikon kota Bukittinggi. Menurut sejarahnya Jam gadang dibangun pada masa hindia Belanda, jam itu adalah hadiah dari ratu Belanda Wihelmina dan lebih menarik nya jam yang seperti ini hanya terdapat 2 di dunia. Big Ben di London dan Jam gadang di Bukittinggi.  

2.  Lobang Jepang 

Tidak jauh dari jam gadang, naik saja Bendi (nama delman di Bukittinggi), kamu akan diantar ke destinasi yang satu ini. Terowongan besar dan panjang yang dibangun oleh tentara penduduk Jepang. Saat pertama kali masuk lobang Jepang ini, saya langsung merinding karena lobang Jepang ini adalah Bukit yang digali, kemudian jauh kedalam dan panjang. Udara yang lembab menambah adrenalin untuk menjelajahinya. Dapur, ruang pembantaian, ruang penyimpanan senjata, di dalam lobang Jepang ini lengkap sekali. Konon katanya lobang Jepang ini menembus tanah hingga ke bawah jam gadang. Namun, sayang tidak bisa di lewati karena tidak ada udara di dalamnya. 

3. Taman margasatwa dan budaya kinantan 

Sumber Gambar Wikipedia

Apasih keunggulan tempat ini? sama seperti kebun binatang lainnya. Pasti kamu akan bertanya-tanya seperti demikian. Kunjungilah destinasi ini, maka kamu akan menemukan keunggulan nya. Salah satunya, saya kasih sedikit bocoran. Di tengah kebun binatang ini kamu akan menemukan rumah gadang (rumah adat Minangkabau) masuklah kedalam kamu bisa melihat sejarah tentang Minangkabau, peninggalan sejarahnya serta hewan yang memiliki keunikan yang telah diawetkan. Slaah satunya kamu akan melihat anak kerbau kembar yang menyatu tubuhnya, anak harimau, dan juga peninggalan lainnya. Bonus yang bisa kamu dapatkan adalah melihat benteng Fort de Kock yang di hubungkan oleh jembatan Limpapeh. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline