Lihat ke Halaman Asli

Bayu Sukmajati Vendratama

Guru Musik SMA Negeri 1 Patikraja

Problem Based Learning dalam Pembelajaran Praktik Bermain Gitar di Kelas XI SMA Negeri 1 Patikraja

Diperbarui: 17 Desember 2022   12:54

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Assalamu'alaikum wr.wb.

Salam sejahtera untuk kita semuanya, salam budaya..

Saya Bayu Sukmajati Vendratama, S.Pd.,salah satu guru di SMA Negeri 1 Patikraja mengampu mata pelajaran Seni Budaya khususnya bidang Seni Musik di kelas XI. Salah satu materi pembelajaran di kelas XI yaitu Bermain Alat Musik Barat. Materi ini ada di dalam silabus Kurikulum 2013 yaitu pada kompetensi dasar yaitu Memainkan Alat Musik Barat. Dalam pembelajaran kali ini saya mengangkat sebuah permasalahan dalam kelas yaitu tentang kemampuan dasar siswa dalam praktik bermain alat musik yang masih rendah. 

Melalui permasalahan pembelajaran ini akhirnya saya mengidentifikasi apa saja penyebab masalahnya mengapa kemampuan dasar siswa dalam praktik bermain alat musik masih rendah. Saya melakukan wawancara dengan beberapa rekan guru diantaranya yaitu dengan ibu Dra. Riyanti, guru Seni Rupa SMA Negeri 1 Patikraja, yang mengatakan bahwa faktor penyebab masalah mengapa kemampuan dasar siswa dalam praktik berseni rendah disebabkan salah satunya karena faktor bakat yang dimiliki masing-masing siswa berbeda-beda. Siswa yang bisa melukis, belum tentu bisa bermain musik, begitupun sebaliknya, siswa yang bia bernyanyi, belum tentu bisa menggambar dengan baik.

Dok. pribadi

Saya juga melakukan wawancara dengan beberapa siswa yang saya ajar di kelas. Salah satu diantaranya mengungkapkan mengapa kemampuan dasar siswa dalam praktik bermain alat musik masih rendah, ini dikarenakan metode pembelajaran yang diterapkan di kelas masih kurang maksimal. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam mengajar juga masih belum optimal. Didukung juga dengan sarana prasarana bermusik yang belum optimal. Hal ini menjadi faktor utama yang menyebabkan kemampuan dasar siswa dalam praktik bermain alat musik masih rendah.

Dok. pribadi

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa, saya menentukan solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang telah teridentifikasi. Solusi yang saya gunakan yaitu saya menerapkan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dengan menggunakan metode tutor sebaya dan pemanfaatan aplikasi musik di android sebagai media pembelajaran di kelas. Dengan menggunakan model, metode dan media pembelajaran ini bisa meningkatkan semangat dan motivasi siswa dalam bermain musik, sehingga kemampuan dasar siswa menjadi lebih terasah dan meningkat.

Dok. pribadi

Akan tetapi ternyata setelah saya terapkan model, metode, dan media pembelajaran yang sudah saya pilih, masih saja belum mampu mengoptimalkan kemampuan dasar siswa dalam praktik bermain alat musik. Setelah saya analisa, ternyata solusi kemampuan dasar siswa dalam praktik bermain alat musik tidak hanya pada faktor bakat, maupun model, metode, dan media pembelajaran yang digunakan, tetapi juga karena motivasi belajar siswa yang harus ditingkatkan dalam latihan memainkan alat musik. Tentunya membutuhkan waktu latihan yang tidak sebentar atau instan, melainkan harus membutuhkan waktu latihan yang khusus dan dengan durasi lama serta berkelanjutan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline