Lihat ke Halaman Asli

Bayu Setyo Nugroho

Dosen Politeknik Negeri Semarang

Prodi D3 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang (POLINES) Meraih Akreditasi Tertinggi (UNGGUL)

Diperbarui: 2 November 2023   21:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi Polines

Kegiatan akreditasi perguruan tinggi merupakan kegiatan yang secara berkala atau periodik harus dilakukan oleh semua Perguruan Tinggi, termasuk perguruan tinggi vokasi Politeknik Negeri Semarang. Disamping akreditasi institusi, Politeknik Negeri Semarang berkewajiban mengikuti akreditasi program studi pada semua jurusan yang ada. Salah satu diantaranya adalah Prodi d3 Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang. 

LAMEMBA adalah Lembaga Akreditasi Mandiri Ekonomi Manajemen Bisnis dan Akuntansi yang bertugas untuk melakukan proses 


Akreditasi untuk Program Studi di Bidang Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, yang diprakasai oleh Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia  (ISEI), Ikatan Akuntan Indonesia (IAI), dan Asosiasi Fakultas Ekonomi, dan Bisnis Indonesia (AFEBI). LAMEMBA menetapkan Surat Pemberitahuan Peringkat Akreditasi No. 559/DE/A.1/HA.2/X/2022 yaitu Peringkat UNGGUL, BAIK SEKALI, dan BAIK.  Instrumen ditentukan melalui pencapaian atas 9 kriteria yaitu (1) Visi, Misi, Tujuan, dan Strategis; (2) Tata Kelola, Tata Pamong, dan Kerjasama; (3) Mahasiswa; (4) Sumber Daya Manusia; (5) Keuangan, sarana, dan prasarana; (6) Pendidikan; (7) Penelitian; (8) Pengabdian Kepada Masyarakat; (9) Luaran dan capaian Tridharma.

Setelah proses yang cukup panjang, Prodi D3 Administrasi Bisnis berhasil mendapatkan Status peringkat tertinggi akreditasi LAMEMBA yaitu UNGGUL yang berlaku 5 (lima) tahun sejak tanggal 25 Oktober 2023 sampai dengan 25 Oktober 2028. Hasil tersebut menunjukan bahwa Prodi D3 Administrasi Bisnis POLINES telah mencapai syarat ketentuan yang berlaku LAMEMBA (Lampiran Peraturan Badan Akreditasi nasional Perguruan Tinggi Nomor 21 Tahun 2022 tentang instrumen Akreditasi Program Studi LIngkup Ekonomi, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi) yaitu

1. Pencapaian atas Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan oleh Perguruan Tinggi MELAMPAUI SN-Dikti;

2. Pencapaian atas Standar Pendidikan Tinggi yang ditetapkan Perguruan Tinggi melampaui target yang ditetapkan pada Rencana Strategis;

3. Lebih dari 18 Dimensi terpilih memiliki daya saing internasional;

4. Enam dimensi klaster output dan outcome memiliki daya saing internasional;

5. Memenuhi Syarat Perlu Peringkat Unggul.


Berdasarkan hal tersebut, membuktikan bahwa Prodi d3 Administrasi Bisnis POLINES memiliki capaian daya saing internasional yang dibuktikan melalui berbagai fasilitas sarana prasarana standar internasional dan Lulusan Alumni Prodi D3 AB berhasil bekerja di perusahaan Multinasional dan atau Internasional.

Dokumentasi pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline