Lihat ke Halaman Asli

Bale, [Bukan] Pemain Termahal Dunia?

Diperbarui: 24 Juni 2015   08:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Sepakbola akhir-akhir ini diberi teka-teki tentang mega transfer yang akan dilakukan oleh klub Ibu kota Spanyol, juara UCL 9 kali dan pastinya yang paling dikenal adalah klub berlabel pemain terbaik dunia, siapa lagi kalau tidak bukan Real Madrid. Mega transfer yang banyak diperbincangkan para pemain, pelatih, jurnalis, dan dunia adalah transfer pemain Tottenham Hotspur Gareth Bale yang resmi dan disepakai dengan harga Rp.1,48 Triliun dan dengan kesepakatan ini Bale resmi menggusur pemain terbaik dunia 2007 dan juga rekan se-tim nya nanti Cristiano Ronaldo. Pro dan kontra masih berluberan diluar sana dengan harga yang dibuat klub raksasa spanyol tersebut. Bayangkan pemain yang belum pernah memeberikan title juara kepada tim nya bisa dibeli dengan harga se-fantastis itu. Ada bayangan dari para jurnalis, seberapa besar lagi harga seorang Lionel Messi?? Ada juga ini adalah adu gengsi Real Madrid akibat kalah bersaing dengan rivalnya Barcelona pada saat akhir-akhir pemburuan Neymar yang malah memilih Barcelona dengan transfer 57 juta euro atau Rp.848 Milyar.

Terlepas dari itu semua, pro dan kontra sudah biasa di sepakbola tetapi yang ingin saya bahas adalah apakah Bale adalah pemain termahal dunia? dengan nilai transfer Rp. 1,48 Triliun? TIDAK Bale bukan pemain termahal di dunia. Jadi siapakah dia? Dia adalah pemain yang di transfer kala itu pada usia 29 tahun dari klub raksasa Italy dengan bandrol 73,5 juta Euro atau Rp. 1,09 Triliun di musim 2001/2002. Pemain yang mengantarkan negaranya juara dunia 1998 dan memiliki nomor punggung "5" serta dengan skill Roulette adalah ciri khas nya. Siapa dia? Yap! Pemain keturunan Aljazair dan Prancis, Legenda hidup Zinedine Zidane.

Label pemain termahal dunia yang saya bilang masih melekat padanya bukan karena nilai transfer nya dibawah Gareth Bale tetapi ditahun 2001 saat itu adalah krisis global dunia dalam keuangan dan dia dibeli pada masa tersebut padahal usianya sudah 29 tahun kala ditransfer dari si Nyonya Besar Juventus. Rekornya bertahan hingga 9 tahun saat akhirnya dipecahkan oleh Real Madrid juga dengan memboyong Ronaldo dari Old Trafford. Jadi kalau dihitung-hitung jika Zidane sekarang ada seperti Bale akan terlengser dan pastinya nilainya tranfer Zizou pada masa itu bisa mencapai 1,8 Triliun untuk zaman sekarang dengan segenap prestasi yang melebihi Gareth Bale.

Jaadi, siapa yang pantas menerima label pemain termahal dunia? Ada yang menjawab sendiri. hehehehe :)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline