Lihat ke Halaman Asli

Bayu Christian

Musisi dan Creative Concept

Kisah Seorang Virtuoso Gitar yang Berjuang Melawan Penyakit Langka

Diperbarui: 3 Januari 2020   15:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Jason Becker | Sumber ilustrasi via jasonbecker.com

Gitar adalah alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik. Alat musik ini banyak digemari dan dipelajari oleh banyak orang didunia. Maka dari itu banyak virtuoso-virtuoso (orang-orang yang mahir memainkan alat musik) gitar yang mahir dan menginspirasi orang-orang yang ingin belajar memainkan alat musik gitar.

Ketika mendengar nama-nama seperti Steve Vai, Paul Gilbert, Yngwie Malmsteen, Michael Angelo Batio, Marty Friedman dan Joe Satriani mungkin banyak dari penikmat musik mengenali mereka namun siapakah Jason Becker?.

Jason Becker yang memiliki nama panjang Jason Eli Becker ini lahir di Richmond, California 22 Juli 1969. Becker dibesarkan di kota Richmond dan mulai menyukai musik ketika ia beranjak remaja.

Becker mulai menyukai gitar ketika ia mendengarkan musik-musik dari Eric Clapton, Bob Dylan, Eddie Van Halen, Uli Jon Roth  dan Jeff Beck. Becker mengidolakan gitaris-gitaris tersebut dan mempunyai keinginan untuk menjadi seorang gitaris hebat.

Saat Becker masih SMA di Kennedy High School, Becker pernah membawakan lagunya Yngwie Malmsteen yang berjudul "Black Star" di sebuah acara di sekolahnya.

Setelah membawakan lagu tersebut, Becker mulai terinspirasi membuat lagu yang mengusung musik Speed Metal Symphony . Sewaktu SMA, Becker sudah mengenal Marty Friedman dan mereka sepakat membuat duo yang mereka beri nama Cacophony.

Cacophony dibentuk oleh Jason Becker dan Marty Friedman di tahun 1986 yang saat itu Jason Becker masih berumur 16 tahun. Duo tersebut menghasilkan 2 album yang dirilis ditahun 1987 dan tahun 1988. 2 Album mereka ber-isikan lagu-lagu instrumental  yang mereka buat.

Mereka menggabungkan musik klasik dan permainan gitar yang apik dan berkualitas. 2 Album tersebut menginspirasi gitaris-gitaris dan penikmat musik instrumental namun untuk penjualannya biasa-biasa saja.

Sumber ilustrasi: guitarworld.com

Sebelum pembuatan album ke 2 "Go Off!!", Marty Friedman dan Jason Becker membuat album masing-masing. Marty Friedman merilis album solo debut "Dragon's Kiss" di tanggal 8 Agustus 1988 dan Jason Becker merilis album solo debutnya "Perpetual Burn" di bulan Agustus tahun 1988. Album ke 2 Cacophony "Go Off!!" ditahun 1988.

Cacophony hanya bertahan hingga tahun 1989 saja. Marty Friedman bergabung di band Megadeth dan Jason Becker memolih solo karir dan merekam lagu-lagu baru. 

Tahun 1989, Jason Becker disibukan dengan merekam lagu-lagu baru yang niatnya akan dirilis di album yang berjudul "Collection". Kemahiran Becker dalam bermain gitar mulai dilirik oleh David Lee Roth mantan vokalis Van Halen yang saat itu sedang ber-solo karir.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline