Lihat ke Halaman Asli

Radio Dulu Idolaku, Hari Ini dan Esok Sumber Informasi Andalanku

Diperbarui: 21 Juni 2017   11:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Semakin berkembangnya zaman, semakin banyak alat komunikasi baru yang bermunculan dan memiliki kecanggihan yang luar biasa untuk bisa merubah pola kehidupan manusia dan alam sekitarnya. Sekarang ini memang tidak terlepas dengan perannya teknologi yang begitu besar seperti kecanggihan teknologi internet. Dulu sebelum internet diciptakan atau belum secanggih sekarang ini, banyak masyarakat terutama generasi muda pada tahun 90 sd 2000'an yang memanfaatkan alat komunikasi satu arah yaitu Siaran Radio untuk mendengarkan informasi terbaru yang lagi populer disaat itu.

Radio juga tidak hanya dimanfaatkan sebagai sumber penyampaian berita saja, melainkan juga sebagai media hiburan seperti mendengarkan musik-musik dan tak jarang masyarakat sering kirim permintaan melalui telefon atau sms ke pusat penyiar radio disaat ada sesi request untuk memutarkan lagu-lagu favorit mereka dan juga ada yang sampai bisa kirim salam ke saudara atau teman mereka melalui siaran radio.

Namun sekarang jumlah itu sangat berkurang dan kebanyakan orang tua yang sering mendengarkan siaran radio, karena para generasi muda saat ini hanya mengandalkan kecanggihan internet dan meninggalkan radio walaupun radio itu juga ada pada smartphone mereka. Untuk mencari dan mendengarkan musik kesukaan juga tidak sulit, cukup akses internet dan cari judul atau lirik lagu tersebut pasti nanti ada website yang menyediakan link untuk bisa didownload. Jika mereka butuh informasi berita juga mencarinya lewat internet.

Sangat dikhawatirkan memang kalau yang akses internet itu kalangan anak kecil atau belum cukup dewasa, karena bisa kecanduan yang buruk. Walaupun internet begitu sangat membantu kita dalam mencari apapun, tetapi internet sangat berbahaya jika tidak digunakan dengan sebijak mungkin. Jika salah maka akan menyesatkan penggunanya, internet itu seperti sebuah mata pisau bermata dua. Yang artinya "Jika digunakan untuk hal positif, maka ia akan membantumu. dan jika digunakan untuk hal negatif, maka ia akan membunuhmu".

Sebagai seorang yang sudah dewasa seharusnya paham betul untuk membiasakan diri memanfaatkan kecanggihan dengan baik dan tidak meninggalkan yang lama. Hal ini dimaksud adalah jika telah menguasai kecanggihan semacam internet dan mengandalkan internet sebagai sumber informasi. Alangkah baiknya juga mendengarkan siaran radio untuk mendapatkan berita terbaru juga. Karena jika hal itu tidak terjadi maka anak-anak generasi kita nanti bakal anti radio, karena jika sudah kecanduan dengan kecanggihan internet maka semuanya akan ditinggalkan.

Pohon Tumbang

Lebih baik mendengarkan radio sebelum, saat dan sesudah bekerja, ataupun saat dirumah bersama keluarga dan anak-anak untuk mengisi waktu bersantai. Tujuannya adalah mengajarkan kesadaran dan kepedulian untuk mendengarkan radio demi kabaikan bersama, informasi yang ada di radio itu sangat terpercaya, dibandingkan dengan internet. Karena diinternet banyak berita hoax atau berita yang belum tentu kebenarannya, juga di internet disisipkan dengan tayangan iklan yang kadang tidak pantas untuk ditayangkan. 

Dengan membangun budaya mendengarkan siaran radio, kita dapat mendapatkan banyak manfaatnya. Salah satu contoh jik ada bencana yang ada disekitar tempat tinggal, tempat bekerja atau dijalan yang akan dilalui, tentu kita dapat mengantisipasinya dengan membuat alternatif lain. Hal ini sangat penting memang untuk kita yang setiap hari sering berada di jalan raya, untuk mengetahui informasi bila mana ada bencana kecelakaan, gempa bumi, tanah longsor, kebakaran atau konflik dan teror. Kita dapat mengantisipasi dengan cepat.

radios-png-5949f5bcb5d90974744ff1e2.png

Mendengarkan siaran radio tidak perlu dengan radio yang berukuran besar, namun cukup melalui media smartphone dengan bantuan headset/earphone kita sudah dapat membiasakan diri untuk mendengarkan siaran radio yang sedang berlangsung.

Marilah kita menanamkan kesadaran untuk mendengarkan siaran radio sebagai informasi berita utama tanggap bencana agar kita selalu siap waspada bila mana ada kejahatan atau bencana disekeliling kita. Dan juga lebih baik kita ajarkan juga kebiasaan itu kepada anak-anak sekolah khususnya, agar mereka tau dan bisa belajar untuk memanfaatkan sumber informasi berita dengan baik melalui siaran radio supaya bisa menghindari berita yang belum tentu kebenarannya dan itu kebanyakan ada di internet.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline