Lihat ke Halaman Asli

Fenomena Futsal Indonesia Makin Mendunia

Diperbarui: 14 Februari 2023   09:14

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

FENOMENA FUTSAL INDONESIA MAKIN MENDUNIA

Futsal permainan bola yang dimainkan oleh dua tim, yang masing-masing beranggota lima orang. Tujuannya adalah memasukkan bola ke gawang lawan, dengan memainkan bola dengan kaki. Selain lima pemain utama, setiap tim  juga diizinkan memiliki pemain cadangan. Tidk seperti permainan sepak bola dalam ruangan lainnya, lapangan futsal dibatasi garis, bukan net atau papan. permainan ini dipertunjukkan di sebuah ruangan yang cocok dengan namanya yang dikutip dari bahasa Spanyol, yaitu Futbola (sepakbola) dan Sala (dalam ruangan). Sama dengan pertama kali olahraga futsal didapati di Uruguay, di kota Montevideo pada 1930 olehh Juan Carlos Ceriani.


Juan Carlos Ceriani mempunyai cara untuk membuat sebuah olahraga yang bisa dimainkan di dalam ruangan serta membuat terbitnya olahraga futsal. Sebelumnya, futsal ciptaan Juan Carlos Ceriani mempunyai aturan sama seperti sepak bola, yaitu dengan 11 pemain pada tiap tim.aturan ini telah diubah karena lapangan bermain di ruangan yang tergolong sempit, maka dari itu, futsal kini dimainkan dengan lima orang saja. 

Sebab lapangan yang sempit serta total pemain yang sedikit, aturan dalam futsal pun dibentuk serupa itu dan berbeda jauh dengan sepak bola.Futsal jugaa di mainkan 2 babakk samaa seperti layak nya sepak bolaa tetapi berbedaa dengan waktu, sepak bola 1 babak nya 40 menit dan ada injury time, sedangkan futsal 1 babak nya 20 menit dan tidak adaa nya injury time, banyak nya kemiripan futsal dan sepak bolaa namun banyak juga perbedaan dalam bentuk fisik lapangan dan aturan nya.


Futsal sekarang sudah eksis di berbagai tempat di seluruh dunia dan semakin terkenal nya futsal, banyaknya remaja yang gemar futsal di seluruh duniaa bahkan di indonesia.

 Pemerintah Kepri juga mulai fokus meningkatkan prestasi cabang olahraga futsal di kalangan pelajar,  di tingkat nasional maupun internasional. Olahraga futsal selama ini diminati pelajar SMA sehingga kemungkinan tidak sulit untuk mendapatkan bibit atlet yang baik.


Olahraga futsal masuk ke Indonesia, yaitu pada 1998-1999. Sedangkan untuk secara sah, olahraga futsal pertama dikenal masyarakat pada tahun 2000-an. 

Tepat di tahun 2002, futsal Indonesia sudah sah menjadi olahraga di Indonesia,futsal menjadi olahraga resmi di Indonesia ketika Federasi Sepakbola Asia (AFC) memilih Indonesia sebagai tuan rumah pada ajang Kejuaraan Futsal Asia atau Piala Asia Futsal.


 Mulai saat itu, futsal di Indonesia terus bertumbuh serta mempunyai kejuaraan resmi yang beroperasi setiap musimnya, sama halnya seperti sepak bola.Jaman itu, liga futsal pertama di Indonesia dinamakan Liga Futsal Indonesia atau LFI yang berada di bawah asuhan Badan Futsal Nasional (BFN) dan sudah berjalan sejak 2004. Setelah itu, futsal pun terus berkembang dan digemari banyak orang.

 Hal ini dapat dilihat dari banyaknya lapangan untuk memainkan futsal, dan banyak nya academy futsal di seluruh indonesia,Banyak remaja-remaja Indonesia yang berguna terhadap perkembangan olahraga futsal di Indonesia.


 Seperti Wandy Batangtaris yang sempat menjabat menjadi Komite Futsal Fifa,Ada pun Ronny Pattinasarani yang berjasa akan perkembangan futsal. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline