Lihat ke Halaman Asli

Bayu Hang

Mahasiswa

KKN UMP dan UIN Berkolaborasi Rintis Perpustakaan Desa

Diperbarui: 4 September 2022   20:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perpustakaan Desa Prembun Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas (Dokpri) 


Dengan perpustakaan desa yang dibangun memberikan tempat belajar maupun memunculkan ide kreatif lewat wawasan yang didapat dari buku di perpustakaan desa. Pendirian perpustakaan Desa Prembun yang di bangun mahasiswa KKN kelompok 071 UMP Universitas Muhammadiyah Purwokerto menjadi langkah awal penghidupan literasi masyarakat Desa Prembun Kecamatan Tambak Kabupaten Banyumas. 

Perpustakaan Desa adalah perpustakaan masyarakat sebagai salah satu sarana untuk meningkatkan dan mendukung kegiatan pendidikan masyarakat pedesaan yang merupakan bagian integral dari kegiatan pembangunan desa. Tujuan dari pembentukan perpustakaan desa yaitu untuk menyediakan fasilitas membaca dan belajar yang memadai untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca guna mencerdaskan kehidupan masyarakat Desa Prembun, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas.

Perpustakaan merupakan lembaga yang memiliki sebanyak lima fungsi pokok yang sama yaitu penyimpanan, pendidikan, penelitian, informasi, dan rekreasi kultural. Pada akhirnya perpustakaan menjadi institusi yang harus selalu responsive dan adaptif terhadap perubahan dan kemajuan guna meningkatkan nilai tawar kualitas layanan . 

Kabid Perpustakaan pada Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas, Susetya Dwiningsih, mengatakan perpustakaan desa sedikit Data akhir perpusdes yang tercatat 58 perpustakaan, sedangkan jumlah desa di Banyumas sebanyak 301 desa. Namun, Dinas Arsip dan Perpustkaan Desa Banyumas telah membangun sinergi dengan dinas terkait dan pemerintah desa agar perpustakaan menjadi program prioritas.

Dengan demikian, perpustakaan desa memiliki pengaruh yang sangat penting bagi keberlangsungan minat baca dan keilmuan generasi muda selain di sekolah. Namun, Desa Prembun, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas sendiri belum memiliki perpustakaan desa saat kami datang, kami memutuskan untuk membuat perpustakaan desa di Desa Prembun. 

Tujuan didirikannya pojok baca atau Perpustakaan Desa Prembun adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan membaca guna mencerdaskan kehidupan masyarakat Desa Prembun, Kecamatan Tambak, Kabupaten Banyumas.

Hal ini tentunya menjadi semangat bagi kelompok kami untuk memaksimalkan pendirian Perpustakaan Desa Prembun ini. Perencanaan pembentukan Perpustakaan Desa Prembun di mulai dan menjadi salah satu program unggulan kelompok kami. 

Rancangan pendirian perpustakaan desa kami mulai dengan mengumpulkan buku-buku menggunakan berbagai cara, yaitu dengan meminta donasi buku di media sosial, anggota kelompok, dan perpustakaan daerah.

Donasi 57 Buku dari Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas (dokpri)

Setelah melakukan pengecatan ulang pada ruangan, kami mulai memasang berbagai perlengkapan dan aksesoris perpustakaan.

Jika hanya kami yang paham akan metode pelabelan tetapi pustakawan Desa Prembun kurang menguasainya, hal itu sama saja program kerja kami tidak memberikan manfaat jangka panjang. Setelah mengajukan permohonan bantuan fasilitas perpustakaan ke Perpustakaan Daerah Banyumas, kami sedikit lega karena Perpusda ternyata sudah memiliki aplikasi database perpustakaan yang nantinya akan diajarkan jangka panjang kepada pustakawan perpustakaan desa. 

Dengan didatangkan langsung tenaga pengajar database dari Perpusda, maka Perpustakaan Desa Prembun dapat berkembang lebih baik dari segi database dan pelabelan buku-buku baru maupun lama.

Fasilitas perpustakaan desa didapatkan dari donasi mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Kelompok 071 UMP Universitas Muhammadiyah Purwokerto 2022, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata UIN Sunan Kalijaga beserta pemerintahan desa yang bekerjasama dengan Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Banyumas.

Peresmian Perpustakaan Oleh Kepalada Desa Prembun (Dokpri)

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline