Lihat ke Halaman Asli

Bayu Fitri

Penulis

Memulai Startup Lokal Go Nasional Agar Naik Kelas di LokalCorn Webseries 2021

Diperbarui: 29 Juli 2021   17:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Photo by pixabay.com

Pertumbuhan ekonomi digital saat ini diramaikan dengan banyaknya pelaku milenial membangun usaha startup. Model usaha rintisan dipilih karena "lebih mudah" menjual value perusahaan tanpa perlu mengeluarkan modal awal yang besar. Ide yang unik dan inovasi adalah kunci dari keberhasilan suatu startup.

Definisi dari "Startup" sendiri adalah sebuah perusahaan yang belum lama beroperasi. Usaha ini memanfaatkan informasi dan teknologi komunikasi sebagai katalisatornya. Bidang usaha yang dijalankan bisa berupa kebutuhan pokok seperti makanan dan minuman, kebutuhan sandang seperti fashion dan lain sebagainya.

LokalCorn Webseries

Gelaran webseries dari LokalCorn ditujukan untuk memberikan inspirasi bagi pelaku usaha dalam mendirikan usaha rintisan. Berbagai pengalaman dan kiat dipresentasikan oleh narasumber terpilih atau disebut Rocket's.

Acara webseries ini dimulai dari tanggal 27 - 28 Juli, di jam 15.00 - 17.00 wib. LocalCorn Webseries terselenggara berkat kerjasama antara Tribunnews dan HP Indonesia.

Peserta LokalCorn Webseries

Presentasi para Rocket's

Hari Pertama

Pada hari pertama yaitu tanggal 27 Juli 2021, LokalCorn Webseries menghadirkan tiga orang narasumber perintis startup terbaik. Dimulai dari William Sunito, Fransiska P.W dan Gibran Huzaifah.

1.Toko Wahab
Usaha ini berawal dari bisnis kecil keluarga di bidang bahan sembako pada tahun 1957. Saat ini Toko Wahab berkembang pesat dan menjadi usaha rintisan atau startup yang diperhitungkan keberadaannya. Adalah seorang William Sunito penerus dari Toko Wahab membagikan kiat dan tips menjalankan usaha rintisan ini.

Kesuksesan pelaku usaha menurut Rocket's Toko Wahab berawal dari kemauan yang kuat dari si pelaku usaha sendiri. William Sunito merujuk pada "The Entrepreneurship Success Pie". Kesuksesan tidak datang begitu saja melainkan dibangun dengan usaha dan mempunyai strategi sebagai berikut;

a. Market
Awal mula mau membuat usaha,  lihat peluang yang sedang dibutuhkan masyarakat. Apa yang dibutuhkan dan solusi apa yang diinginkan market. Intinya pelaku usaha harus dapat memetakan kebutuhan pembeli.

b. Ide
Setelah kebutuhan produk terpetakan, buat pembeda sekaligus keunggulan dibandingkan produk kompetitor. Lontarkan ide-ide yang kreatif, inovatif dan mampu menjawab kebutuhan market. Toko Wahab tidak sekedar toko penyedia dan penjual bahan kue, namun menyajikan pula resep pembuatan kue untuk dapat di recook pelanggan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline