Heyy para Guru Profesional!
Salam Pendidikan!
Semangat Indonesia
Nama saya Bayu Angga Dwi Cahyono bisa dipanggil Bayu atau Angga, saya merupakan Mahasiswa PPG Calon Guru Gelombang 2 Tahun 2024 LPTK Universitas Jember Bidang Studi PGSD.
Melalui beranda inspirasi ini, saya ingin memberikan hasil pikiran dan tanggapan saya yang merupakan tugas mata kuliah Perspektif Sosiokultural dalam Pendidikan Indonesia yakni pada topik 2 dimensi Aksi Nyata.
Refleksi saya tulis dengan menggunakan alur MERDEKA. Alur ini terdiri dari mulai dari diri, eksplorasi konsep, ruang kolaborasi, demonstrasi kontekstual, elaborasi pemahaman, koneksi antar materi dan aksi nyata. Refleksi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman yang lebih mendalam kepada diri saya dan orang lain, khususnya bagi Anda yang berprofesi sebagai guru profesional di seluruh Indonesia. Antara lain, saya dapat memberitahu Anda:
Mulai Dari Diri (Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?)
Sebelum memulai pembelajaran pada topik ini yang saya pikirkan yaitu faktor sosial, budaya, ekonomi, dan politik merupakan beberapa faktor yang berpengaruh pada penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Dengan demikian pada topik ini mengacu pada teori perkembangan peserta didik dan mempertimbangkan berbagai keberagaman sosial budaya yang berbeda-beda. Oleh karena itu sebagai calon guru profesional saya harus bisa memahami konsep ini.
Eksplorasi Konsep (Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?)
Konsep yang saya pelajari yaitu Socioeconomic (SES) dan Cultural Activity Theory (CHAT) merupakan konsep dasar dalam perspektif sosiokultural pendidikan. SES mengelompokkan individu dan keluarga berdasarkan kemampuan ekonomi dan status sosialnya, sedangkan CHAT membentuk dasar sosialisasi kognitif anak melalui interaksi sosial dan interaksi orang dewasa dan anak-anak. Perbedaan interaksi antar kelompok SES mempengaruhi perkembangan individu.