Lihat ke Halaman Asli

Bayu Andhini

Saat ini masih belajar menulis

Rekomendasi Drama Korea Bertema Pendidikan

Diperbarui: 3 Juni 2023   10:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Pertama, selamat merayakan Hardiknas 2023 (tulisan ini harusnya diterbitkan awal mei lalu)

Kedua, entah sudah sejauh mana pembahasan masalah pendidikan di Indonesia dan akar masalahnya. Semoga sudah mengerucut. 

Ketiga, mari rayakan hardiknas dengan nonton drama korea yang bertema Pendidikan agar supaya bisa meresapi kembali apa yang masih salah dengan sistem pendidikan di negara kita. Atau malahan jangan-jangan bukan ada yang salah, tapi siapa yang salah, atau malahan tiba-tiba tergerak hatinya untuk ikut menyelesaikan salah satu masalah pendidikan. Yha bikin les buat anak tetangga kah atau bikin rumah baca kah.

Korea Selatan sebagai negara yang terus-terusan memproduksi tayangan berupa drama serial yang bisa kita nikmati secara bebas di OTT mana saja. Tema-tema yang dihadirkan juga terkadang lekat di kehidupan kita dan terkadang juga kebablasan imajinasinya. Salah satu tema yang selalu hadir adalah tentang pendidikan dan serba-serbinya. 

Terhitung ada beberapa drama korea tentang pendidikan yang belakangan saya nikmati. Beberapa judul mungkin akan bertema tentang isu pendidikan disana, seperti kompetisi antar siswa, bullying atau romansa anak muda, namun akan selalu ada hal positif yang bisa diambil. Misalnya, seragamnya. 

All of us are Dead

Sebenarnya judul asli drakor ini adalah Sekarang, (saatnya) sekolah kita, namun judul versi internasionalnya tidak mencerminkan sekolah ataupun pendidikan sama sekali ya. Tapi gak papa lah, selama latar tempatnya adalah gedung sekolah dan tokoh utamanya adalah murid-murid ya masih masuk lah ya. 

Ceritanya tentang sekolahnya yang tiba-tiba diserang zombie karena gurunya yang bikin eksperimen lah. Jadinya ada sekumpulan murid yang bertahan agar nggak kegigit dan jadi zombie. Namun seiring perjalanan episode, maka ceritanya mencapai klimaks dan endingnya tidak seperti yang kita harapkan. 

Namun, menonton drama ini dapat disimpulkan bahwa, kantin sekolahnya bagus ya. Pintunya kaca. Membandingkan dengan kantin sekolah saya sendiri yang atapnya sudah lapuk dan rawan jatuh, lebih berbahaya dibandingkan serbuan zombi itu sendiri. Gak lucu aja, ketika murid lain berubah jadi zombi ada murid lain yang tewas kejatuhan kuda-kuda atap. Satu lagi isu ketimpangan pendidikan yaitu soal bangunan sekolah yang layak. 

Namun, harusnya saya bersyukur masih punya kantin di sekolah.

Sky Castle

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline