Lihat ke Halaman Asli

Mari Mencoba Kopi Robusta Asal Lampung

Diperbarui: 23 September 2019   15:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : https://images.app.goo.gl/YEQk8tuwA8ZTm49L6

Minum kopi mungkin saat ini sudah menjadi hal yang sangat sering atau bahkan sudah menjadi gaya hidup di setiap kelompok masyarakat, khususnya milenial. Sekarang pun mulai banyak anak muda yang ingin terjun ke dunia kopi, seperti membuka usaha kopi. Dari beraneka kopi nusantara yang ada, kopi Robusta adalah salah satu kopi yang sering dikonsumsi oleh kalangan masyarakat. Selain dikonsumsi, mereka juga menjual kopi robusta ini tidak hanya didalam negeri melainkan sudah sampai ke luar negeri. Untuk itu kopi Robusta ini membutuhkan promosi yang lebih besar agar dikenal oleh masyarakat Indonesia pencinta kopi. Kopi Robusta asal lampung merupakan salah satu kopi yang terkenal sampai mendunia. Kopi ini dijual dengan harga sekisar Rp. 60.000 sampai Rp. 64.000 per kilogram tergantung kemasan yang digunakan. Biasanya yang menggunakan bungkus kertas lebih murah dibandingkan aluminium foil. Sementara itu biji kopi yang sudah disangrai dijual dengan harga sekisar Rp.75.000 per kilogram, sedangkan kemasan 200 gram di jual dengan harga sekisar Rp. 15.000 per bungkus.

Kopi Robusta asal Lampung ini memiliki keunikan citarasa yang khas serta aroma yang berbeda dengan kopi yang ada di daerah lain. Para petani kopi di Lampung mayoritas membudidayakan kopi Robusta yang memiliki nama latin yaitu Coffea canephora. Para petani kopi ini menggantungkan hidupnya dari kopi Robusta sehingga kopi ini menjadi salah satu warisan budaya masyarakat Lampung yang menguntungkan. Budidaya kopi Robusta ini mengalami pertumbuhan yang pesat sejak zaman 70an dan 80an di Lampung. Tetapi berubahnya pemanfaatan lahan berhutan di tempat itu cukup menurun tajam pada dua dekade dari 60% pada tahun 1970 menjadi 13% pada tahun 1990. Menariknya bahwa penurunan luas wilayah berhutan diiringi oleh perluasan kopi, bahkan di kawasan hutan lindung dan taman nasional.

Manfaat dari mengonsumsi kopi Robusta yaitu:

1. Menjadi Awet Muda.

Siapa sih yang tidak ingin awet muda? Pasti semua orang ini terlihat muda meskipun usia sudah terbilang menua. Penelitian dari para ahli sudah membuktikan bahwa meminum kopi sebanyak 2 - 3 setiap harinya dapat mengurangi penuaan dini kurang lebih 10% dibandingkan dengan orang yang tidak mengonsumsinya.

2. Menghambat Resiko Kanker.

Mengkonsumsi kopi setiap hari ternyata dapat mengurangi resiko kanker payudara, paru - paru, pankreas, dan prostat. Karena setiap mengkonsumsi kopi dapat merasakan rasa yang melegakan para penikmatnya dan sudah teruji 100%.

3. Menghambat Resiko Penyakit Jantung dan Serangan Jantung.

Meminum secangkir kopi setiap hari dapat menghambat resiko penyakit jantung karena khasiatnya sebagai pelindung kardiovaskular dalam tubuh. Sebuah riset sudah menunjukkan sebanyak 41 ribu wanita mengkonsumsi kopi setiap hari, terbukti terhindar dari resiko gagal jantung.

4. Memperlancar Kesehatan Pembuluh Darah.

Di dalam kopi terdapat kafein yang dapat memperlancar pembuluh darah. Dengan adanya kandungan nitrit oksida dalam endothelium yang mampu memperkuat sistem otot, serta kafein juga mampu menaikkan tekanan darah. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline