Lihat ke Halaman Asli

Bayu Adi Nugroho

Mahasiswa - IPB UNIVERSITY

Mahasiswa Supervisor Jaminan Mutu Pangan Melakukan Sosialisasi di SDN POLISI 4 Kota Bogor Tentang GGL pada Jajanan

Diperbarui: 26 Mei 2024   16:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Mahasiswa Supervisor Jaminan Mutu Pangan Sekolah Vokasi IPB University bersama Siswa-siswi SDN POLISI 4 Bogor/dokpri

Jumat (17/05/2024), mahasiswa dari Sekolah Vokasi IPB University, Program Studi Supervisor Jaminan Mutu Pangan angkatan 59 mengadakan sosialisasi kepada anak-anak SDN Polisi 4 Kota Bogor yang sedang duduk di bangku kelas 4 SD tepatnya yaitu di kelas 4A dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa. Tema yang diangkat dari sosialisasi ini adalah mengenai pengenalan terhadap gula, garam, dan juga lemak sebagai komponen dalam makanan yang tidak bisa lepas dari kehidupan sehari-hari. Materi disampaikan oleh Kelompok 1 dari kelas praktik AP-1 yang terdiri dari Giannisa Nabilla, Avril Berlian Dima, Putri Alya Faisal, Diva Nurina, Bayu Adi Nugroho, dan didampingi oleh Kak Aji sebagai asisten dosen.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian dari pemenuhan tugas Project Based Learning kedua pada mata kuliah Regulasi Pangan. Materi yang disampaikan bertujuan untuk memberikan edukasi kepada anak-anak terkait batasan dalam mengonsumsi gula, garam, dan lemak per hari nya. Selain itu juga, mahasiswa mengedukasi mengenai cara membaca label untuk mengetahui jumlah gula, garam, dan lemak yang terkandung pada jajanan yang sering mereka beli setiap harinya.

Pemaparan Materi/dokpri

Kegiatan sosialisasi ini dimulai dengan pembukaan yang dimana siswa/i kelas 4A melakukan tes konsentrasi kemudian dilanjut ke pengenalan terhadap bentuk-bentuk gula, garam, dan juga lemak melalui gambar. Setelah mereka tahu, selanjutnya dilakukan pemaparan materi mengenai batasan jumlah konsumsi GGL bagi anak, pengenalan jenis-jenis makanan yang mengandung tinggi GGL, dampak dari kelebihan konsumsi GGL, pengenalan terhadap jajanan yang sehat, edukasi cara membaca kandungan GGL di kemasan jajanan, lalu diakhiri dengan sesi tanya jawab. Mahasiswa berharap dengan hal ini semoga dapat bermanfaat untuk menumbuhkan rasa peduli mereka terhadap pemilihan jajanan yang sehat.

Pendampingan/dokpri

Ibu Eva sebagai wali kelas dari kelas 4A yang ikut mendampingi saat sosialisasi juga berpesan, "Mumpung mereka masih anak-anak, jadi perlu sekali untuk di edukasi mengenai GGL ini dari sekarang, terutama tentang gula. Karena anak jaman sekarang ini banyak yang sudah kena obesitas." ujar Ibu Eva.

Semoga dengan sosialisasi yang dilakukan, siswa/i memiliki pemahaman yang lebih baik tentang batasan konsumsi gula, garam, dan lemak serta mereka dapat mengimplementasikannya di kehidupan sehari-hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline