Lihat ke Halaman Asli

Pengalaman Magang di Winapack Indonesia

Diperbarui: 22 Juni 2024   08:43

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. msholeh muhadi

Nama saya Ebiet Bayu Kurniawan, saya adalah mahasiswa angkatan 2021 fakultas teknik jurusan teknik mesin Universitas Negeri Surabaya. Magang merupakan mata kuliah yang perlu dilaksanakan mahasiswa guna menerapkan teori di bangku kuliah dengan tujuan mendapat pengalaman dari kegiatan tersebut. Degan kegiatan magang mahasiswa diharapkan mampu menebalkan rasa tanggung jawab sebelum memasuki dunia kerja.

Kegiatan magang saya dilaksanakan di Winapack Indonesia, perusahaan manufaktur alat dan mesin pengemas yang terletak di Jl. Nangka No.265 A, Dusun Sruni, Sruni, Kec. Gedangan, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur 61254. Kegitan magang dilaksanakan selama 4 bulan mulai dari tanggal 5 Februari 2024 sampai 7 Juni 2024, saya ditempatkan pada bagian pembuatan gear dengan  sistem rolling pada mesin manufaktur yang berbeda-beda. 

Kegiatan saya pada minggu pertama adalah perkenalan dengan para pegawai dan melakukan pengamatan kegiatan produksi yang berlangsung. Pada minggu kedua sampai akhir bulan pertama saya sudah memiliki job desk sendiri, saya di berikan job sebagai operator mesin frais berupa melakukan pengeboran tab pada gear yang nantinya akan dilakukan proses pengetapan.

Dok. Pribadi

Pada bulan kedua sampai bulan ketiga saya ditempatkan sebagai operator mesin rafing untuk pembuatan bevel gear. Proses ini dilakukan dengan menggunakan kepala pembagi dengan cara diputar sesuai perbandingan julah lubang yang sudah diperhitungkan . Proses ini memkan waktu kurang kebih 30 menit untuk setiap satu bevel gear yang berjumlah 22 gigi.

Dok. Pribadi

Pada awal bulan ketiga sampai pertengahan bulan keempat saya ditempatkan sebagi operator mesin drilling. Pada mesin driliing dilakukan proses peneboran lubang gear dengan toleransi 4mm. Misalkan pada gambar kerja dibutuhkan lubang berdiameter 25mm maka dilakukan proses pengeboran dengan mata bor berdiameter 21mm.

Dok. Pribadi

Setelah itu di akhir bulan saya ditempatkan di mesin potong bahan. Mesin ini digunakan untuk memotong bahan mulai dari diameter 20mm sampai 250 mm. Setiap diameter yang berbeda digunakan gergaji yang berbeda pula, proses pemotongan ini adalah proses paling mudah dilakukan sehingga menjadi agak membosankan apalagi pada saat memotong bahan dengan diameter 250mm yang memerlukan waktu sampai 1 jam hanya untuk sekali pemotongan.

Dok. Pribadi

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline