Lihat ke Halaman Asli

Bayu

Sarjana Muda

Berdamai dengan Malam #Bagian I Tentang Malam

Diperbarui: 19 Februari 2022   03:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Novel. Sumber ilustrasi: PEXELS/Fotografierende

Bab II Jangan Menyesali Keputusan Yang Telah Diambil

Setiap dari kita saya rasa pernah menyesali keputusan yang telah kita ambil. Rasa penyesalan yang tidak akan pernah bisa merubah masa depan, kehidupan atau apapun itu, rasa menyesal yang tidak akan menyelesaikan permasalahan. Perasaan menyesal itu sangat manusiawi tapi jika terlalu berlebihan juga tidaklah baik. Jadikan perasaan menyesal itu sebagai bahan renungan dan evaluasi agar kedepannya apapun keputusan yang kita ambil menjadi sebuah keputusan terbaik.

Kita harus banyak belajar dari kesalahan, tidak ada manusia biasa seperti kita yang tidak luput dari kesalahan termasuk salah dalam memutuskan sesuatu hal. Bukankah guru terbaik adalah pengalaman? tentunya pengalaman kita itu secara perlahan akan mendewasan kita. Dibalik itu semua, pasti ada pelajaran yang dapat kita ambil. Jika keputusan tersebut masih patut untuk diperjuangkan, maka berjuanglah dengan maksimal hingga finis.

Memang tidak mudah untuk tidak memikirkannya, tapi yakinlah sebaik-baik rencana adalah rencana Allah SWT. Mungkin ada rencana indah yang sudah disiapkan Allah SWT untuk kita. Jadi, teruslah melangkah kedepan dengan penuh semangat dan sikap optimisme. Kita hanya bisa merencanakan tapi Allah SWT yang menentukan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline