Lihat ke Halaman Asli

Project: Networking and Robotic Prototipe

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:25

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Nature. Sumber ilustrasi: Unsplash

prototipe ROBIN

R

obot memegang peran yang sangat signifikan dalam evolusi sistem otomasi. Sistem kontrol yang mampu dicustom sesuai dengan keinginan pengguna dan juga desainnya yang dapat dirancang se-humanoid mungkin menjadi alasan utama robotika dipilih dalam menerapkan sistem otomasi. Hal yang menjadi kelemahan otomasi dengan robot adalah pengendalian yang hanya dapat dilakukan secara lokal. Namun seiringdengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi menjawab tantangan Long Distance Control System (pengendalian sistem jarak jauh) sehingga robot sebagai salah satu icon sistem otomasi tidak hanya dapat dikendalikan secara lokal tetapi mampu di kontrol jarak jauh (remote) dengan menggunakan jaringan internet. Interface pengontrolan dilakukan melalui website berbasis HTML. Komunikasi Wireless dibuat dengan memanfaatkan Access Point yang tempatkan pada robot. TCP/IP Starter Kit ditambahkan sebagai penghubung antara website dengan robot yang akan menerjemahkan perintah yang dikirimkan oleh web untuk dieksekusi Mikrokontroler Atmega 8535. Untuk pergerakkannya robot mengunakan motor servo. ROBIN (Robot Internet Nirkabel) menjadi salah satu Prototype pemanfaatan otomasi dalam bentuk robot dengan sistem pengendalian melalui jaringan internet nirkabel (WirelessInternet) dengan pergerakan robot maju, mundur, kiri dan kanan.

BLOK diagram ROBIN

WIRELESS ACCESS POINT’D-LINK DW-2100AP’: pada bagian atas ROBIN, ditempatkan WAP ini, yang di fungsikan sebagai sarana komunikasi Robot dengan Server. Dengan digunakan koneksi Wireless maka Robot dapat bergerak secara bebas.

TCP/IP Starter KitNM7100A: Produk yang dikeluarkan oleh Innovative Electronic ini menggunakan chip embedded Ethernet produksi Wiznet dengan seri W3100A. Fungsi utamanya adalah sebagai interface antara Mikrokontroler denganJaringan internet. Mengunakan antarmuka I2C dalam berkomunikasi dengan Mikrokontroler Atmega 8535.

MIKROKONTROLER ATMEGA 8535 : ini adalah otak atau pengolahan data dari ROBIN yang menangani seluruh proses dan kontrol. Mikro kontroler ini memberikan nilai IP, menerima data dari Server Robot dan menterjemahkannya menjadi perintah untuk mengerakkan motor sehingga ROBIN dapat bergerak sesuai dengan Kontrol yang kita berikan

DRIVER MOTOR IC L293D : Driver motor ini mengontrol pergerakan dari kedua motor Servo. Prinsip nya adalah dengan menerima bit 1 dan 0 dari Mikrokontroler dan menterjemahkannya dalam pemberian arus listrik kepada motor sehingga kedua Motor dapat bergerak sesuai yang diinginkan.

MOTOR SERVO Parallax Continuous : merupakan penggerak Robot, dapat bergerak secara individu dan mempunyai torsi yang kuat sehingga dapat mampu membawa beban robot.

SERVER ROBOT : adalah sarana pengontrolan utama, yang berhubungan langsung dengan ROBIN melalui koneksi Wireless, Server harus di setting dengan IP satu kelas yang sama dengan Robot. Untuk Sharing web kontrol melalui jaringan internet SERVER membutuhkan OPERA UNITE sebagi WEB SERVERnya sehingga user dapat mengkontrol ROBIN melalui jaringan internet.

CLIENT : Merupakan interface user atau perangkat yang akan di gunakan untuk mengontrol ROBIN melalui jaringanInternet. Dapat berupa Laptop, PC, atau Smart Phone yang terkoneksi dengan Internet.

web COntrol Robin

WEB CONTROL ; Merupakan Interface untuk Kontrol Robot, web ini berbasis HTML dan Java Scrip.saat Robot berjalan, memberikan pesan status.

Pemilihan koneksi nirkabel dan aplikasi Web Base Control merupakan hal yang sangat penting. Konsep inilah membedakan perancangan robot ini dengan kebanyakan robot yang telah ada. Biasanya robot dibuat dengan kecerdasan tertentu. Contohnya Line Follower Robot dibuat agar robot bergerak secara otomatis mengikuti jalur yang telah ditentukan tanpa campur tanganatau control dari pengguna. Berbeda dengan ROBIN Robot tidak demikian, justru pengguna atau klien memegang peranan penuh dalam hal kontrol dan navigasi robot. Dengan begitu robot akan dapat dikembangkan ketujuan-tujuan yang lebih luas lagi. bisa di aplikasikan untuk Smart House. dll. semoga bisa bermanfaat Poject Bersama... bayu-zaenal-Janu-@Himasikom-Raharja




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline