Lihat ke Halaman Asli

Jazir Hamid

PLAT AB I Pelaku Wisata

Orientasi Bagi Pengelola Kampung Pramuka Wukirsari

Diperbarui: 7 April 2023   01:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Susilo Hapsoro, SE. - Lurah Wukirsari/Dok Pribadi

Wukirsari: April 2023. 

Setelah ditetapkannya Wukirsari sebagai Kampung Pramuka beberapa bulan lalu, maka bulan ini - April 2023 di aula Kalurahan Wukirsari, Kapanewon Imogiri, Kabupaten Bantul diadakan orientasi bagi Pengelola Kampung Pramuka tersebut oleh Kelompok Kerja (Pokja) Kwartir Daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Wukirsari ini adalah satu satunya Kalurahan di Kabupaten Bantul yang ditetapkan sebagai Kampung Pramuka. Hal ini bukan tanpa alasan, ada beberapa kriteria tertentu dan melalui proses tahapan analisa yang matang untuk penentuan tersebut. 

Di antaranya adalah  Penentuan Basis dan Kriteria Kampung Pramuka itu sendiri. Basis pengembangan disertai dengan kriteria yang jelas dan terukur. Di mana aspek-aspek yang digunakan sebagai alternatif basis pengembangan Kampung Pramuka antara lain meliputi aspek alam, aspek sosial budaya, aspek ekonomi, serta multi aspek. Masing-masing aspek perlu diuraikan rumus indikator-indikatornya, berupa indikator masukan, indikator proses, dan indikator hasil, serta indikator dampak.

Dan semua itu dapat ditemukan di Kalurahan Wukirsari, sehingga wajar jika kemudian Wukirsari ditetapkan sebagai Kampung Pramuka dan satu satunya Kalurahan di Kabupaten Bantul yang pada bulan Oktober 2022 lalu juga ditetapkan sebagai desa wisata berkelnjutan - Sustainable Tourism dari Kemenparekraf melalui Indonesia Sustainable Tourism Council (ISTC), yang pada saat visitasi - Asesmen Lapangan para asesor juga didampingi Lurah Wukirsari  (Susilo Hapsoro, SE).

Rintisan Kampung Pramuka

Rintisan Kampung Pramuka ini dimaksudkan sebagai sebuah upaya meneriak gemakan serta mengharu birukan gerakan Pramuka hingga ke kampung-kampung. 

Kampung Pramuka bukan sekedar ada kegiatan pramuka di kampung namun bagaimana pramuka bisa berkontribusi terhadap tumbuh kembang suatu kampung agar menjadi kampung yang aktif, kreatif dan mampu memberdayakan masyarakat. Sehingga pemberdayaan tersebut mempunyai multi player efek terhadap kampung yang bersangkutan, dan diharapkan mampu meningkatkan pendapatan masyarakat serta terwujud  kesejahteraannya. 

Terlebih akan mampu menimbulkan spirit Tri Satya dan Dasa Darma dalam kehidupan sehari-hari di kampung tersebut sehingga terbangunlah masyarakat Inbdonesia seutuhnya.

Dalam  pembukaan acara orientasi tersebut Lurah Wukirsari Kak Susilo Hapsoro, S.E. menyambut baik dan mengungkap rasa kegembiraannya atas dilaksanakannya orientasi terhadap pengelola kampung pramuka di Wukirsari pada Rabu (05/04/2023).

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline