Lihat ke Halaman Asli

Maryono Basuki

Purnawirawan Marinir - Dosen

Indonesia dan Amerika: "Ayo di Bandingke"

Diperbarui: 17 Agustus 2023   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

78 Tahun Merdeka

Indonesia dan Amerika

"Ayo di Bandingke"

Oleh:  Maryono Basuki 

Total jumlah bangsa Arab 325 juta. Bahasa mereka satu. Agama mereka satu. Tampilan fisik mereka sama. Mereka terpecah di 24 negara. Sejak mereka masing masing merdeka. Bentrok pertumpahan darah perang antara negara Arab dan perang saudara di dalam negara tidak kunjung selesai hingga kini. 

Jumlah total bangsa Korea sekitar 75 jutaan. Suku bangsa satu, bahasa satu, agama sama, tampilan fisik sama. Mereka pernah mengalami perang saudara brutal dan sekarang jadi dua negara yang bermusuhan. 

Jumlah penduduk Afganistan sekitar 35-36 juta. Hanya ada tujuh suku besar. Bahasa dominan sekitar lima. Beragama satu. Islam Sunni dan Syiah (minoritas). Bentrok  berdarah antarsuku tidak henti-henti sampai  saat ini. 

Indonesia berpenduduk sekitar 270 juta jiwa. Terdiri atas 300 kelompok etnis, 1340 suku bangsa. Tersebar di ribuan pulau yang dipisahkan oleh lautan (16 ribu pulau)  dengan 718 bahasa. Agama besar ada enam, Islam yang terbanyak. Aliran kepercayaan mungkin ratusan. Tampilan fisik berbeda-beda. Alhamdulilah Puji Syukur, kami rakyat Nusantara damai dan bersatu dalam NKRI. 

Jadi jangan coba-coba bawa budaya luar untuk diajarkan ke kami. Kalianlah yang harus belajar budaya perdamaian ke kami. Jangan coba-coba menghapus atau memecah-belah kesatuan kami. Jangan mengadu agar kami memusuhi saudara-saudara sebangsa kami. Pada saat kalian datang, kami sudah berbudaya. Kami sudah bangga dengan budaya Nusantara. 

Silahkan copas Pancasila dan sesuaikan dengan negeri anda. DNA bangsa Nusantara senang perdamaian tapi jangan coba diusik dan ditantang. (Eddy Sinang Trenggono / Agustus 2021) 

Melihat ke atas ... Amerika Serikat luas wilayah 9,83 juta km. Terdiri atas 50 negara bagian dan sebuah distrik federal. Jumlah penduduk 315 juta jiwa. Multietnik dan multikultural. Ras: 76,5% Kulit putih, 13,4% Kulit hitam, 5,9% Asia, 2,7% multirasial, 1,3% Penduduk Asli Amerika, 0,2% Penduduk di Pulau Pasifik. Etnis: 18,3% Hispanik, 81,7% non-Hispanik. Agama: Kristen 73,7% (Protestan 48,9%), Katolik 23%, Mormon 1,8%, sisanya agama lain dan kepercayaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline