Lihat ke Halaman Asli

Bas OK

Penulis Sejati

Morowali Siap Tuan Rumah Porprov X-2026

Diperbarui: 22 Agustus 2022   17:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 KONI Morowali mendaftar bidding tuan rumah Porprov X-2026, di kantor KONI Sulteng, Senin (22/8/2022).

Palu -- KONI Kabupaten Morowali mendaftar bidding calon tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi ke-X tahun 2026 Provinsi Sulawesi Tengah. KONI Morowali mengusung tagline Porprov X, Asansafa yang artinya satu hati dalam bahasa Morowali.

Ketua Umum KONI Morowali Hj Arnila M Ali secara langsung menyerahkan berkas pendaftaran bidding tuan rumah Porprov X di kantor KONI Sulteng, Senin (22/8). Arnila diterima Ketua Umum KONI Sulteng Nizar Rahmatu bersama jajaran.

Arnila yang akrab dipanggil Cica didampingi Ketua Harian KONI Morowali Samsi Laonu serta Kepala Sekretariat Zafitri Zainudin. Berkas pendaftaran diterima langsung ketua umum KONI Sulteng bersama Sekretaris Umum Husin Alwi, Direktur Eksekutif M Warsita dan Kepala Bagian keuangan Armin Amirudin.

Cica mengatakan, KONI Morowali mengajukan tuan rumah membawa misi Morowali siap sebagai tuan rumah pesta olahraga terakbar di Sulteng. "Tujuan kami mendaftar bidding bahwa kami ingin tampil. Artinya selama 22 tahun kami menjadi peserta. Sekarang, kami ingin memperlihatkan bahwa Morowali bisa memberikan yang terbaik untuk Sulawesi Tengah," kata Cica pada konferensi pers di aula KONI Sulteng.

Menyambut gelaran pesta olahraga terakbar di Provinsi Sulteng ini, selama empat tahun mendatang Morowali menyiapkan kelengkapan venue olahraga. "Venue yang ada sekarang di Morowali sudah siap digunakan. Tetapi Morowali sekarang punya keinginan, punya rencana untuk membangun sebuah sport centre supaya lokasi untuk olahraga itu terpusat. Sehingga anak-anak morowali punya keinginan untuk lebih maju lagi," kata Cica.

Arnila M. Ali (Cica) - Ketua umum KONI Kab. Morowali. dokpri

Cica optimis, bila dipercaya oleh kabupaten lain sebagai tuan rumah Porprov, pelaksanaan Porprov ke-X bakal lebih meriah baik venue olahraga, akomodasi, fasilitas hiburan dan pariwisata. "Kenapa Morowali siap, karena Kami yakin kami mampu melaksanakan karena di Morowali banyak mendukung persiapan porprov. Sampai sekarang persiapan Porprov di Luwuk kami tidak menggunakan biaya APBD, kami menggunakan sponsorship. Dan masyarakat Morowali itu semua mau berpartisipasi acara seperti ini," tambah Cica.

KONI Sulteng membuka pendaftaran bidding tuan rumah Porprov X-2026 sampai dengan 31 Agustus 2022. "Sejauh ini Morowali yang pertama mendaftar bidding sejak dibuka mulai April 2021. Dan kami juga menunggu kabupaten lain," kata Warsita.

Beberapa daerah yang sudah mewacanakan menjadi tuan rumah diantaranya kabupaten Sigi, Tolitoli dan Ampana. "Porprov X-2026 ini mengacu pada peraturan organisasi nomor 47 tahun 2021 yang salah satu syaratnya calon tuan rumah yang mendaftar menyerahkan biaya pendaftaran. Aturan ini mengadopsi mekanisme pendaftaran bidding PON yaitu menyerahkan biaya pendaftaran yang digunakan untuk survey panitia ke kabupaten calon tuan rumah," kata Warsita.

Sementara itu, Husin Alwi mengapresiasi KONI Morowali yang pertama mendaftar bidding tuan rumah Porprov X-2026. "Kami apresiasi. Morowali punya potensi alam dan keinginan. Kedua potensi pariwisata, jadi memang sebagai wilayah pertumbuhan ekonomi tertinggi sulteng dan sebagai pusat pariwisata Sulteng sangat mendukung untuk menjadi tuan rumah Porprov.  Morowali yang paling cepat, berani dan tegas untuk ikut bidding. Kami menunggu kabupaten yang lain," kata Husin. (bar)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline