Lihat ke Halaman Asli

basiran eh

Produsen gula semut organik Cilacap

Kisah Sukses Entrepreneurship Bapak Suryanto

Diperbarui: 9 Desember 2023   17:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kisah Sukses Enterpreneurship
Bapak Suryanto

Penganugrahan Pelaku UMKM Digital Talent Enterpreneur Kominfo

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Tengah, Bagian Barat. Kabupaten ini memiliki luas wilayah sekitar 2.124,47 kilometer persegi dengan jumlah penduduk 1.963.824 jiwa. Kabupaten Cilacap berbatasan Wilayah dengan Kabupaten Banyumas ,Kabupaten Purbalingga dan Kabupaten Banjarnegara di sebelah Utara, serta Kabupaten Kebumen di sebelah timur, Samudera Hindia di sebelah  Selatan, serta Kabupaten Kuningan propinsi Jawa Barat di sebelah barat.


Secara geografis, Kabupaten Cilacap terletak di pantai selatan Pulau Jawa. Wilayahnya memiliki topografi yang beragam, mulai dari daerah pesisir, dataran rendah, perbukitan, hingga pegunungan. Bagian pesisir Kabupaten Cilacap di sepanjang Samudra Hindia memiliki pantai yang indah dan dikenal sebagai salah satu tujuan wisata pantai di Jawa Tengah. Selain itu, terdapat juga beberapa pulau kecil di lepas pantai Cilacap, seperti Pulau Nusakambangan yang terkenal sebagai lokasi penjara.

Perekonomian masyarakat Kabupaten Cilacap adalah bertani, berkebun,nelayan dan berdagang, sebagian ASN, POLRI dan TNI.

  

Penghargaan the best seller E_Comerce CIBLONikro 

Perkembanga usaha mikro, kecil dan menengah di Kabupaten Cilacap juga terbilang bagus. Pelaku UMKM mencapai 21.100 pelaku.
.

Suryanto adalah salah satu pelaku UMKM di Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap yang menekuni usaha Produksi Makanan ringan berupa olahan kacang kulit sangrai,  dengan brandnya Kacang SURYA ENJANG, dan jg SeNuts, makanan ringan dari biji kacang pilihan terbaik.


Selain berhasil mengembangkan produk makanan, Beliau juga sangat peduli dengan para pelaku usaha mikro di Kabupaten Cilacap terutama di Kecamatan Kesugihan dan di Kabupaten Cilacap pada umumnya. Oleh karena itu Bapak Suryanto Simon nama bekennya di daulat memimpin Asosiasi Pelaku UMKM Kabupaten Cilacap Wilayah Kecamatan Kesugihan.

Atas kegigihannya, pada tahun ini Bapak Suryanto dapatkan Penghargaan sebagai BEST SELLER di Aplikasi E_Comercs CIBLON serta Penghargaan sebagai sebagi Penggiat UMKM dengan nominasi DISTRIK Terbaik.
Bapak Suryanto terus berusaha mengangkat para pelaku usaha UMKM Kecamatan Kesugihan lebih menjngkat. Yaitu dengan cara berbagai kegiatan pelatihan dan pendampingan usaha pada anggotanya.
Bapak Suryanto menerapkan sistem kerjasama pentahelix dengan berbagai elemen lembaga pemerintah, BUMN, Perbankan, organisasi swasta, intansi pendidikan, dan berbagi sektor lembaga lainnya.

Selain mendapatkan Anugrah sebagai pelaku usaha terbaik, Bapak Suryanto juga mendapatkan Anugerah dari Kementerian Komunikasi dan Informasi.Kominfo melalui Program Akademi Digital Enterpreneur atau Digital Enterpreneur Academy.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline