Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Aliem

ASN di Badan Pusat Statistik.

Angka Kemiskinan Bersumber dari Sini...

Diperbarui: 4 Maret 2018   20:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Kamis, 1 Maret 2018, genderang Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Maret 2018 telah ditabuh. Segenap petugas yang terdiri dari Mitra Statistik dan Pegawai BPS telah siaga dengan dokumen Susenas. Ratusan pertanyaan tercetak di dalamnya.

.

Survei ini menjadi salah satu primadona. Hasilnya akan digunakan untuk menghitung  tingkat kemiskinan hingga level Kabupaten/Kota.

.

Selain itu, masih banyak indikator lainnya bersumber dari data Susenas. Pernah dengar Indeks Pembangunan Manusia (IPM) , kan? Trus, komponen pengeluaran konsumsi rumah tangga di PDRB juga diambil dari Susenas.Dan masih banyak lagi indikator lainnya.

.

Hari ini, dua kecamatan menjadi wilayah pengawasan saya. Yaitu di Kecamatan Bungaya, Kelurahan Sapaya dan Kecamatan Manuju, Desa Manuju.

.

Saya memilih ke Sapaya dulu. Dari sana, saya bergerak ke Manuju melalui Desa Tassese (Kec. Manuju)  yang berbatasan langsung dengan Desa Bontomanai (Kec. Bungaya). Saya bersyukur karena jalan telah diperbaiki. Jalan beraspal dan cor beton memberikan kemudahan tersendiri. Waktu tempuh menjadi lebih cepat dari sebelumnya.

.

Medannya memang cukup terjal, tapi mulusnya jalan  raya membuat saya tetap santai walaupun diguyur hujan. Pasti berbeda jauh dengan keadaan saat jalanan masih perkerasan batu gunung.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline