Tujuan pemasaran yaitu memastikan agar produk ataupun jasa yang dibuat oleh perusahaan dapat dikenali oleh Masyarakat sehingga nanti perusahaan dapat memperoleh keuntungan dari penjualan produk atau jasanya tersebut.
Jadi tidak aneh jika sebuah perusahaan banyak mengeluarkan biaya yang begitu besar untuk membuat strategi pemasarannya sendiri.
Strategi pemasaran sebenarnya bukan hanya untuk perusahaan besar, namun perusahaan kecil juga harus memiliki strategi pemasarannya sendiri, agar dapat berkembang dan bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya.
Pengertian Strategi Pemasaran 4P
Istilah strategi pemasaran 4P (Marketing Mix 4P dalam pemasaran) disebut juga sebagai dasar yang perlu dijadikan dasar awalnya, saat anda akan memulai sebuah usaha.
Terutamanya bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah atau yang sering disebut UMKM yang semakin hari semakin banyak jumlahnya di Indonesia.
Tetapi, permasalahannya seberapa banyakkah yang masih tidak mengerti dalam melakukan penerapan konsep strategi pemasaran dalam melakukan bisnis UMKM.
Tiap komponen dari strategi ini sama-sama saling meperkuat dan benar-benar punya pengaruh pada perubahan usaha Anda khususnya UMKM di Indonesia.
Walau sebenarnya jika saja mereka ingin mengaplikasikan dan mengimplementasikan secara baik, maka akan menolong usaha mereka jadi lebih berkembang dan maju.
Umumnya, ide strategi pemasaran 4P termasuk ke-dalam materi yang dipelajari pertama kalinya di setiap pelajaran mengenai pemasaran atau marketing.
Bahkan juga dari dahulu, strategi pemasaran ini masih tetap berkaitan. Tetapi sudah pasti, di zaman digital yang membuat usaha tidak mengenali batasan ini, strategi agar lebih tepat dan pas target.