Lihat ke Halaman Asli

Berdoa Setelah Sholat Bisa Jadi Penghapus Dosa

Diperbarui: 15 Maret 2019   09:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Sholat merupakan salah satu bagian dari rukun islam yaitu artinya semua ummat muslim berkewajiban menjalankan sholat,sebab itu kira sering menyebutnya dengan sholat fardhu atau wajib.Sholat juga menjadi taman berbagai ibadah. 

Di dalam taman itu terdapat tanaman-tanaman yang berpasangan nan indah salah satunya dzikir dan doa  yang indah, selain itu Sholat bisa membantu orang yang melaksanakannya dalam meraih perkara-perkara penting dan bisa mencegahnya dari perbuatan-perbuatan keji dan munkar. 

Allh Azza wa Jalla berfirman yang artinya : 

"Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu', [Al-Baqarah/2:45]"

Setelah kita semua selesai mengerjakan sholat kita di anjurkan untuk berdzikir dan berdoa kepada Allah, dengan berdoa, bisa membangkitkan kesadaran kita untuk senantiasa mendekatkan diriu kepada Tuhan. Dan bisa menyadarkan manusia untuk selalu bermunajat kepada Tuhan untuk menjernihkan dan mensucikan jiwa. Hanya mereka yang memilih serta berada di jalan Tuhan lah yang  memanjatkan doa.

Sebagaimana dapat dilihat dalam hadist Rashululloh sholallohu alaihi wa sallam bersabda yang artinya :  "Aku wasiatkan padamu wahai Mu'adz. Janganlah engkau tinggalkan untuk berdo'a setiap dubur shalat (akhir shalat) : Allahumma a'inni 'ala dzikrika wa syukrika wa husni 'ibadatik. [Ya Allah, tolonglah aku untuk berdzikir pada-Mu, bersyukur pada-Mu, dan memperbagus ibadah pada-Mu]." (HR. Abu Daud no. 1522. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih). bacaan doa dan dzikir setelah shalat selalu dipanjatkan Rasulullah dan diajarkan pada umatnya.

Memanjatkan doa setelah shalat merupakan ajaran Rashulullah sholallohu alaihi wa sallam, Beliau selalu mengajarkan ummatnya selalu berdzikir dan berdoa setelah shalat sehingga selalu memiliki jeda waktu untuk mendekat dan meningkatkan rasa iman setelah shalat,karena setelah shalat merupakan waktu mustajabah dikabulkan nya doa seseorang , Dan kita bisa berdoa sesuia kebutuhan yang kita inginkan serta diperbolehkan memohon atau menyampaiakan segala kerisauan hati langsung kepada sang maha Kuasa. 

Sebagaimana dapat dilihat dalam hadits Ibnu Mas'ud radhiyallahu 'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam pernah mengajarkannya tasyahud padanya, lalu beliau shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda yang artinya :

"Kemudian terserah dia memilih do'a yang dia sukai untuk berdo'a dengannya." (HR. Abu Daud no. 825).

Oleh karena itu sebagai ummat muslim yang taat sudah seharusnya kita tidak lalai dan meninggalkan berdzikir dan berdoa setelah sholat karena banyak sekali manfaat nya salah satunya doa tersebut bisa menjadi penggugur dosa, maka kita termasuk orang yang merugi ketika tidak memanjatkan doa setelah sholat dan menyianyiakan waktu tersebut. 

 

 

  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline