Lihat ke Halaman Asli

Film Godzilla Vs Kong (2021) dan Teknologi CGI

Diperbarui: 7 September 2021   21:48

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: CNN Indonesia

Pernahkah kita membayangkan, berapa besar risiko yang akan didapat bila Godzilla dan Kong benar-benar bertarung ditengah kota? Hal yang sangat tidak mungkin untuk dilakukan bukan.

Film Godzilla vs. Kong (2021) ini diproduksi dengan bantuan teknologi CGI dan Green Screen. Teknologi CGI merupakan teknologi yang tidak asing digunakan dalam film dengan genre fiksi ilmiah. Bahkan pada masa sekarang ini, film dengan genre lainnya juga sering menggunakan teknologi CGI.

Apa itu teknologi CGI?

Teknologi CGI atau Computer Generated Imagery merupakan teknologi canggih yang digunakan dalam sebuah film. Tujuannya untuk memberikan efek visual yang dapat menghasilkan kualitas karya yang lebih realistis. (Rahmad, 2011, hal. 20).

Sebelum kita membahas lebih dalam lagi mengenai teknologi CGI dalam film Godzilla vs. Kong. Mari kita bahas sedikit mengenai perkembangan film dan perkembangan teknologi dalam film-film yang mengangkat monster fiksi Godzilla ini.

Pada awalnya film tercipta dari adanya perkembangan photography. Film tidak berwarna-warni seperti yang kita lihat di masa sekarang ini. Film hanya berwarna hitam putih dan dengan durasi yang sangat singkat. 

Kinetograph

Kinetograph merupakan kamera gambar gerak pertama yang ditemukan oleh Thomas Alfa Edison bersama dengan asistennya William Kennedy Laurie Dickson. Film yang mereka buat yaitu berjudul The Edison Kinetosopic Record of a Sneeze atau lebih dikenal dengan sebutan Fred Ott's Sneeze. (Barsam & Monahan, 2019, hal. 363).

Sumber: Capilano University ePortfolios

Film pendek yang dirilis tahun 1894 ini direkam menggunakan kinetograph dan masih berwarna hitam putih. Kualitas gambar yang dihasilkan juga masih buram. Walaupun kualitas film yang dihasilkan masih rendah tapi kinetograph ini menjadi awal baru dalam perkembangan industri film. Film lain yang dikenal sebagai film pertama yang dibuat tanpa menggunakan kumpulan gambar adalah film ciptaan Lumiere Brothers yang berjudul Arrival of a Train at La Ciotat (1895). 

Godzilla 1954

Sumber: Youtube

Balik lagi ke bahasan utama kita yaitu film Godzilla. Film yang mengangkat karakter Godzilla pertamakali dirilis tahun 1954. Godzilla sendiri merupakan karakter fiksi yang digambarkan sebagai monster reptil yang berwarna coklat. Tapi film yang dirilis tahun 1954 tersebut hanya menampilkan warna hitam putih. Sehingga tidak banyak orang yang tahu warna asli dari Godzilla tersebut.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline