Lihat ke Halaman Asli

Barkah Maharani

Guru SDN 18 Sungai Pandahan

Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe STAD

Diperbarui: 25 Oktober 2022   15:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA KELAS V SDN 18 SUNGAI PANDAHAN

 

Barkah Maharani

SDN 18 SUNGAI PANDAHAN

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Matematika dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa kelas V SD Negeri 18 Sungai Pandahan. Jenis penelitian yang digunakan adalah PTK (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan kualitatif. 

Data penelitian berupa informasi tentang data hasil belajar yang diperoleh dari hasil evaluasi siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 18 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman. Hasil dari setiap siklus yang dilaksanakan dalam penelitian terlihat peningkatan hasil belajar Matematika siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) di kelas V SDN 18 Sungai Pandahan. 

Rata-rata Nilai awal siswa adalah 65, meningkat pada siklus I menjadi 79.5 dan 85 pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika di kelas V SDN 18 Sungai Pandahan Kabupaten Pasaman.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Matematika, Student Teams Achievement Divisions (STAD)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline