Lihat ke Halaman Asli

Peningkatan Kesadaran dan Tindakan Pencegahan Kenakalan Remaja

Diperbarui: 7 Maret 2024   22:42

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Parenting. Sumber ilustrasi: Freepik

perkembangan remaja pada fase ini, mereka mengalami berbagai perubahan fisik, emosional, dan sosial. pencegahan kenakalan remaja, mencakup perilaku yang dapat merugikan diri mereka sendiri maupun lingkungan sekitar, perlu memahami beberapa faktor penyebab kenakalan remaja tersebut melibatkan lingkungan keluarga, teman sebaya, kurangnya pengawasan dari orang sekitar, tekanan akademis, dan pengaruh media sosial. 

Memahami akar permasalahan akan membantu merumuskan strategi pencegahan yang lebih efektif. program pendidikan karakter dengan nilai-nilai positif, kejujuran, tanggung jawab, dan kerja sama, Membangun hubungan yang kuat antara orang tua dan anak dapat mengurangi risiko kenakalan, diintegrasikan ke dalam kurikulum ekstrakurikuler, tingkatkan sistem pengawasan di sekolah dan perkuat peran guru.

Adakan kampanye anti-bully secara rutin untuk meningkatkan kesadaran tentang dampak negatif perilaku intimidasi. Siswa perlu memahami pentingnya menghormati satu sama lain, penggunaan media sosial yang positif dan bijak. Peran sekolah dalam mengedukasi siswa tentang risiko dan tanggung jawab dalam dunia maya sangat penting, kerjasama lembaga kesehatan mental dan polisi setempat




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline