Lihat ke Halaman Asli

Indonesia: Krisis Identitas

Diperbarui: 24 Juni 2015   02:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Indonesia, negaraku. Negeri yang banyak penduduknya. Yang pandai-pandai dan memiliki penerus yang katanya bisa dibanggakan. Negeri yang layak untuk dikatakan: negara kaya.

Sekali lagi, Indonesia akulah pendukungmu.

Sekarang. Telah terjadi krisis indentitas di negeri ini. Sejak dulu memang di negeri ini sudah di landa masalah ini. Krisis indentitas. Meskipun banyak pemuda Indonesia yang menorehkan banyak prestasi di tanah air ini jejak dan bakat mereka tidak berkembang, bahkan kurang mendapatkan sorotan dari pemerintah.Kebanyakan yang mendapat sorotan pemerintah hanyalah anak-anak yang sudah direkomendasikan oleh orang yang sudah memiliki link, akibatnya perkembangannyapun tidak merata.

Krisis identitas, dimulai dari adanya dualisme yang kental, antara si miskin dan si kaya. Karena dari dulu mindset bangsa ini sudah dibentuk untuk mengkonsumsi dan bukan berproduksi, kebanyakan dari bangsa ini hanya sering malas-malasan saja. Si kaya mencoba membantu si miskin -maaf- lebih tepatnya orang yang kurang beruntung dengan cara yang tidak mendidik, mereka memperlihatkannya seolah-olah uang adalah segala-galanya, ini proses yang salah.

Krisis Identitas. Di Industri manapun, sekarang lebih mementingkan rating, dan respon masyarakat. Hal-hal yang tidak memiliki pesan positif dan kurang mendidik masyarakt Indonesia malah mendapat respon positif di khalayak. TV, Koran, Media masa, semua industri tersebut tidak mau rugi. Benefit. Sayangnya, keadaan mereka seharusnya mendidik rakyat kecil ini. Rakyat kecil yang lebih butuh uluran tangan berupa pendidikan dan lapangan pekerjaan, bukan malah menghambur-hamburkan uang di tengah acara yang demikian, itu kurang Indonesia, hanya mementingkan kepentingan jangka pendek.

Kasihanilah negera ini, negara yang krisis indentitas. Identitas negara bisa dilihat dari sebagian besar penduduknya, kenapa sebagian besar penduduk kita hanya suka huru-hara? tidak sukaakah mereka dengan ilmu pengetahuan yang akan meninggikan derajat mereka beberaa derajat? meskipun untuk menjalankan semua ini butuh yang namanya materi, seharusnya orang-orang yang lebih punya sadar, bukan uang yang berhamburan seperti itu yang mereka butuhkan. Inikah potret Indonesia sekarang? mau sampai kapan Indonesia seperti ini?

Krisis identitas ini terjadi bukan hanya diaspek dualisme progam-progam TV, dan media lain. Lebih dari itu, untuk menjadi negara yang maju dan memiliki identitas, kita harus "mature" bagaimana harus mature? berusaha, carilah ilmu sebanyak-banyaknya, gunakan ilmu itu untuk mendapatkan rizky yang halal, dan bukan dengan cara yang dilakukan beberapa orang sekarag, menghamburkan uang lewat sebuah acara yang dielu-elukan tanpa tujuan. Ideal apa-apaan ini.

"Ini bukan yang harus di blowup, masih banyak acara yang mendidik yang memunculkan orang-orang yang inspiratif untuk negara ini" anonim.

Sayangnya krisis ini tidak pernah berhenti, karena semua itu ada di tangan masyarakat.

Krisis identitas, diwarnai dengan acara tiru-tiru. Di nagara ini yang dianut itu yang sedang booming, meskipun tidak mendidik, yang kaum awam cuma bisa diam, pemeritah seharusnya membuat progam yang benar bagi masyarakat. Mereka pikir ini adalah tradisi yang perlu dibudayakan? na'as sekali negeriku.

Kasihan. Di mana-mana sedang mencari identitas diri dengan membuat progam yang aneh-aneh yang hanya mementingkan uang, popularitas, dan tanpa ada wacana mendidik, banyak sekali bully-bullyan yang seolah-olah hanya menunjukkan kepongahan mereka akan harta.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline