Lihat ke Halaman Asli

Pentingnya Mencatat Saat Belajar

Diperbarui: 27 November 2016   16:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Ada satu hal yang mungkin sebagian besar dari kita yang pernah bersekolah atau sekarang sedang mengenyam pendidikan. Seperti judul yang sudah terpampang di atas, masalah mencatat. Sebagian besar dari kita mungkin belajar dengan cara konvensional. Kita sebut saja "Mediocre" atau kita sebut sebagai manusia "sedang - sedang saja".

Mediocre itu bukan orang malas, mereka membaca pelajaran yang telah mereka pelajari di sekolah. Rentangnya juga cukup lebar dari yang sangat pintar atau bisa dikatakan jenius ataupun yang pemalas yang sebenarnya "gak malas - malas amat" karena biasanya mereka membaca buku di malam hari sebelum ulangan dimulai dan mungkin membacanya lagi sesaat sebelum ulangan dimulai. Setidaknya mereka (termasuk saya) punya sedikit "tanggung jawab" bahwa belajar memang perlu. Masalahnya adalah orang seperti kita cenderung menjadi pemalas.

Mereka pintar, mereka tahu dan punya "tanggung jawab" dengan apa yang dikerjakannya. Satu - satunya masalah yang mungkin belum mereka sadari adalah mereka terlalu banyak membuang waktu untuk membaca buku mereka.

Saya sendiri pernah merasakan harus membaca seluruh bab di malam hari  yang materinya akan dipakai ulangan besok harinya, sedangkan .. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline