Lihat ke Halaman Asli

Bapas Nusakambangan

kementerian hukum dan ham

PK Bapas Kelas II Nusakambangan Melaksanakan Home Visit untuk Memastikan Kelayakan Penjamin

Diperbarui: 29 Oktober 2022   08:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber : Humas Bapas NK

Cilacap -- Jum'at, 29 Oktober 2022. Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Kelas II Nusakambangan KemenkumHAM Jawa Tengah melaksanakan kunjungan ke rumah penjamin di Desa Banjar Sari, Kecamatan Nusawungu, Cilacap. Home Visit sendiri adalah kegiatan kunjungan ke rumah penjamin klien pemasyarkatan untuk memperoleh dan melengkapi data guna penyusunan laporan suatu Penyusunan Laporan Penelitian Kemasyarakatan.

Pada kesempatan kali ini Home Visit dilakukan dalam rangka melengkapi data dalam penyusunan Litmas Integrasi CB seorang klien, dimana penjamin dari klien tersebut adalah istri sah klien. Dalam kesempatan tersebut Pembimbing Kemasyarakatan Bapas Nusakambangan menanyakan terkait pekerjaan penjamin, melihat stratafikasi ekonomi dan kondisi sosial budaya tempat tinggal penjamin, dan menilai kesanggupan penjamin dalam mengawasi klien selama masa Cuti Bersyarat apabila diberikan.

Penjamin berprofesi sebagai pedagang Gado-Gado dirumahnya yang penghasilannya tidak tetap setiap harinya, mayoritas masyarakat di lingkungan penjamin bekerja sebagai petani serta sebagian besar masyarakatnya menempuh pendidikan hingga jenjang SMP. Dalam proses penggalian data tersebut penjamin menyampaikan harapannya terkait usulan Cuti Bersyarat yang sedang diajukan tersebut.

"Untuk keseharian saya biasanya jualan gado-gado di rumah seperti ini pak, tiap hari juga penghasilannya tidak tetap tergantung ramai atau tidaknya warung. Kebanyakan masyarakat sekitar juga berpofesi sebagai petani disini dan sebagaian besar lulusan SMP. Ya saya cuma berharap agar suami saya nantinya setelah keluar dari Lapas dapat menjadi orang yang lebih baik lagi, serta dapat menjadi tulang punggung keluarga yang baik. Dari saya sebagai penjamin menyatakan siap untuk mengawasi dan memberikan dukungan terhadap suami saya pak nantinya jika sudah mendapatkan program ini." Harap YT, istri seorang klien pemasyarakatan.  




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline