Klaten (29/1) - Pada era digital ini, kegiatan beli-membeli sudah dapat dilakukan dengan mudah tanpa Batasan waktu dan tempat. Salah satunya adalah kegiatan menjual produk usaha melalui e-commerce dan sosial media. Pada umumnya, masyarakat Indonesia tentunya sudah mengenal sosial media atau situs yang ada di Internet. Selain itu, tingkat konsumen Indonesia pun mayoritas sudah dilakukan secara online.
Namun, masih banyak pula pelaku usaha Desa Trasan, Juwiring yang memasarkan produk di internet tidak dengan cara yang tepat sehingga menyebabkan exposure atau jangkauan pemasaran masih terbatas; atau bahkan tidak dapat dicari oleh orang pada umumnya. Maka dari itu, Mahasiswa Tim KKN UNDIP menarik pelaku usaha Desa Trasan selain melakukan pemasaran produk pada platform internet, penting juga untuk mengetahui trend yang ada dan bagaimana menulis konten yang tepat, serta memberikan informasi dengan Bahasa Inggris. Sehingga, produk akan dikenal dan mendapat jangkauan lebih luas.
Hal ini guna memberikan wadah dan pelatihan terhadap pelaku usaha Desa Trasan agar usaha yang dilakukan lebih maju, dapat dikenal orang banyak atau mungkin go international dengan diakses orang-orang yang tidak bisa berbahasa Indonesia.
Pada kesempatan ini Tim I KKN UNDIP berinisiatif untuk menarik para pelaku usaha Desa Trasan, setiap kegiatan Tim I KKN UNDIP Desa Trasan pun dapat dilihat di laman Instagram.
"Kapan lagi kripik khas Desa Trasan bisa menjadi cemilan favorit semua orang?"
Mengapa menjual produk di sosial media?
Manfaat dari pemasaran melalui sosial media yang paling penting ialah meningkatnya pengetahuan para konsumen yang awalnya tidak tahu dikarenakan sosial media yang bersifat global, dimana kita bisa mengetahui tentang sebuah informasi hanya dari rumah sendiri. Pemasaran melalui sosial media memudahkan penjual dalam mencari pembeli dan memberikan info yg menarik bagi calon pembeli.
Menjual produk di sosial media juga akan meningkatkan jumlah penjualan produk karena konsumen tidak harus datang ke tempat tersebut, sesuatu yang di disukai oleh beberapa konsumen.
Keuntungan jualan di sosial media apa sih?
Jangkauan pemasaran lebih luas
Adanya product branding atau ciri khas yang membuat orang mengenali produk