Lihat ke Halaman Asli

Hamburg Kota Pelabuhan Besar Terletak di Tepi Sungai

Diperbarui: 14 Desember 2016   01:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Koleksi Pribadi

Hamburg merupakan pelabuhan tempat berlabuh kapal kapal besar alias raksasa, mulai dari kapal kontainer sampai kapal pesiar raksasa Queen Mary 2 dan banyak lagi... lucunya pelabuhan Hamburg terletak di tepi sungai Elbe, bukan di tepi pantai.

Tentu saja sungai Elbe harus di gali lebih dalam agar supaya kapal kapal raksasa itu bisa lewat. Dan dasar sungai Elbe rutin dikeruk supaya tidak menjadi dangkal.

Selain merupakan pelabuhan, di Hamburg ada pabrik pembuatan kapal - kapal raksasa. Kalau yang kapal kecil kayaknya mereka ga terima pesanan.. terlalu imut sih untuk kota Hamburg. Untuk membuat kapal kapal raksasa tentu saja membutuhkan Dock...yang raksasa pula, harus lebih besar dari kapal yang diproduksi.

Foto: Koleksi Pribadi

Ada kapal Yacht raksasa yang sedang di bangun di Dock....pssstt..sst jangan bilang bilang ya, ga tau siapa yang punya, katanya sssstt ada kolam renangnya dan meja makannya panjang 20 meter...ssssttt.

Karena ada Dock, biasanya kapal kapal lama juga rajin diperbaiki di Dock di Hamburg, kayak mobil setiap saat tertentu harus di bawa ke bengkel untuk maintenance (ganti oli dsbnya).

Foto: Koleksi Pribadi

Di pelabuhan Hamburg, ada beberapa jenis pelabuhan, ada pelabuhan untuk memuat dan membongkar Kontainer, namanya pelabuhan kontainer, disini banyak terlihat kran kran raksasa yang siap membantu membongkar dan memuat kontainer keluar atau kedalam kapal.

img-5801-640x480-5837ff10e322bddc06d2bafd.jpg

kran kontainer berbaris siap menjalankan tugas.

Ada pelabuhan untuk memproduksi dan memperbaiki kapal atau disebut Dock kering (Trockendock), disini ada beberapa Dock berbentuk U, bagian bawah Dock bisa diturunkan sampai beberapa meter. Jadi kalau ada kapal yang mau di perbaiki atau ganti cat, bagian bawah Dock tersebut turun sampai dibawah batas badan kapal yang berada dalam air, kemudian masuk deh kapal yang mau diperbaiki kedalam Dock, setelah itu bagian bawah Dock naik lagi mengangkat kapal tersebut, sampai ketinggian diatas permukaan air, jadi kapalnya kering dan bisa dimulai perbaikan dan mencat ulang. Mencat ulang kapal adalah pekerjaan rutin, agar mencegah kapal jadi karatan dan bocor.

Foto: Koleksi Pribadi

Dock kering yang terkenal, Elbe 17.

Ada pelabuhan normal untuk berlabuh. Karena sungai Elbe, seperti juga sungai sungai lain di eropa, dipakai untuk transportasi selain jalan raya dan udara.

Tambahan di kota Hamburg, diantara pelabuhan-pelabuhan kontainer dan Dock (nyempil) dibangun gedung theater yang bertemakan musik theater.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline