Lihat ke Halaman Asli

Kontrak Pembelajaran Mata Kuliah IASBD

Diperbarui: 18 Juni 2015   02:16

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Mata Kuliah Ilmu Alamiah Dasar, Ilmu Sosial Dasar, dan Ilmu Budaya Dasar

Dosen Pengampu: A. Rifqi Amin

A.Pokok-pokok Pembahasan (Materi Pokok) Mata Kuliah IASBD

I.Identifikasi IASBD

A.Latar Belakang Adanya Kajian IASBD

B.Pengertian IASBD

C.Ruang Lingkup dan Objek Kajian IASBD

D.Peran Penting IASBD

II.Manusia dan Kosmologi

A.Pengertian Manusia (biologi, agama, dan Sosial/psikologi)

B.Posisi Manusia dalam Alam Semesta

C.Tugas Manusia Menjaga dan Mengembangkan Alam, Kehidupan Sosial, dan Budaya (peran)

D.Perbedaan Manusia dengan Hewan (perannya)

III.Filsafat Hidup

A.Makna Kehidupan

B.Tujuan Kehidupan (bukan sekedar tujuan hidup secara pribadi)

C.Pandangan Hidup

D.Kehidupan Ideal

IV.Pandangan Islam terhadap IASBD

A.Hubungan IASBD dengan Ajaran Islam

B.Manfaat Mempelajari IASBD bagi Iman

C.Gejala (fenomena) Alam, Sosial, dan Budaya Sebagai Ayat Kauniyah

V.Relevansi Ekonomi Syari’ah terhadap IASBD

A.Potensi Alam, Sosial, dan Budaya (di Kediri) dalam Konteks Implementasi Pendidikan Dasar Islam (Madrasah Ibtidaiyah/MI)

B.Manfaat Mengembangkan IASBD bagi Implementasi Implementasi Pendidikan dalam Islam

VI.Ilmiah

A.Pengertian Ilmiah

B.Ciri-ciri Ilmiah

C.Metode Ilmiah

D.Sikap Ilmiah

E.Sikap non-ilmiah: a. Dampak Negatif b. cara meminimalisir sikap non-ilmiah (segala sesuatu itu bisa diilmiahkan, hanya manusia sendiri yang masih lembah ilmunya) misal: manusia tidak akan mampu memahami apa itu roh, ilmu pengetahuan tidak mampu memahaminya kecuali hanya sedikit, itupun tidak menyentuh.

VII.Kebudayaan

A.Pengertian Budaya

B.Kebudayaan Islam dan Kebudayaan Barat

C.Kebudayaan Primitif, Agraris, dan Industrial

D.Kajian Kritis tentang Kebuayaan Primitif, agraris, dan Industrial (mengkritisi) (setiap masa pasti meninggalkan sejarah kelam dan sejarah gemilang atau negatif/positif)

E.Peran Kebudayaan bagi Pendidikan Dasar Islam

VIII. Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

A.Pengertian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

B.Manfaat IPTEK

C.Tantangan dan Peluang munculnya era Informasi

D.Peran ilmu pengetahuan teknologi (khususnya teknologi pendidikan) bagi Pendidikan Dasar Islam

IX.Menggunggah Empati (kemungkinan adalah tugas akhir yang harus dikerjakan dan dipresentasikan bersama-sama)

A.Konsep Empati: Pengertian Empati, Proses Munculnya Empati, dan Hakikat Empati.

B.Urgensi Empati: Menjadikan sebagai aspek Ibadah, Manfaat Empati bagi orang lain dan pribadi, dan keutaman empati bagi pelestarian Alam, sosial, serta budaya

C.Pembudayaan empati: Cara Menggugah Empati,  menggugah empati diri sendiri, dan menggugah empati orang lain.

D.Pendidikan Empati dalam Implementasi Pendidikan Dasar Islam (peran, potensi, manfaat): Empati dalam konteks ilmu pendidikan, empati dalam (menurut) kajian Islam, dan membangun empati anak usia Pendidikan Dasar.

X.

B.Pembagian Kelompok

Kel.

Nama

Tema

Waktu Presentasi

Penyeimbang

I

Khozin dan Asif

Identifikasi IASBD

4 September

Keompok VI

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline