Lihat ke Halaman Asli

Membangun Kuranji dengan Program Nawa Karya Pasti Siaga

Diperbarui: 23 Juni 2015   22:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

1401091205579209756

[caption id="attachment_308577" align="alignnone" width="600" caption="Walikota Padang Mahyeldi meninjua Kantor Camat Kuranji disambut Camat Frengki Willianto"][/caption]

GEBRAKAN demi gebrakan Camat Muhammad Frengki Willianto mulai dirasakan oleh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kecamatan Kuranji dan khusunya bagi warga Kuranji sendiri.

Berbagai masukan yang diberikan tokoh masyarakat, adat, alim ulama, bundo kandung, dan masyarakat sendiri ditampung yang kemudian disinkronkan dengan progam Pemerintah Kota Padang. Untuk menyerap aspirasi warga, bahkan camat yang satu ini blusukan dari kampung ke kampung dan bersilaturahmi dengan pemuka masyarakat.

Masukan demi masukan itu dirangkai dalam bentuk program kecamatan yang disesuaikan dengan kebijakan ditingkat kota. Program yang berasal dari masukan masyarakat, tentu akan mengena langsung ke masyarakat.

Usulan dan masukan itu diterjemahkan ke dalam Nawa Karya Pasti Siaga. Nawa berasal dari bahasa Sangsekerta yang berarti sembilan. Sebab, jumlah tapian dan kelurahan di Kenagarian Pauh IX Kecamatan Kuranji juga berjumlah sembilan.

Lantas, apa yang dimaksud dengan Nawa Karya Pasti Siaga itu? Camat Kuranji M. Frengki Willianto menjelaskan, Nawa Karya Pasti Siaga adalah sembilan karya untuk memajukan Kuranji melalui program PASTI SIAGA.

PASTI

P = Paten, yaitu program pelayanan administrasi yang dipusatkan di Kecamatan, termasuk perizinan.

A = Aman, maksudnya adalah meningkatkan keamanan di Kuranji, menekan angka kriminalitas. Tentunya bekerjasama dengan aparat keamanan terkait.

S = Sehat, yaitu menciptkan Kuranji sebagai kecamatan sehat yang dimulai dengan program Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Kuranji Peduli Sehat (KPS). Di Kantor Camat dan Kelurahan di Kuranji diharamkan untuk merokok. Sedangkan KPS adalah unjung tombak pelaksanaan kegiatan olahraga.

T = Takwa, bertujuan untuk meningkatkan ketakwaan warga dan generasi muda melalui Pesantren Ramadhan, Wirid Remaja, Didikan Subuh, Subuh Mubarakah, dan Magrib Mengaji.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline