Lihat ke Halaman Asli

M FarhanHidayat

Journalis Enthusiast

Pelatihan Manajemen UMKM Binaan BPR Dana Mandiri Bogor oleh Civitas Academica Universitas Pamulang

Diperbarui: 28 November 2023   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto bersama peserta pelatihan dan juga civitas academica Universitas Pamulang (Dokpri)

Salah satu Progam unggulan Universitas Pamulang (UNPAM) dalam menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi ialah mengadakan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan Pengabdian ini dilakukan oleh seluruh mahasiswa UNPAM tanpa terkecuali. Dalam kesempatann ini, mahasiswa program Pascasarjana melakukannya untuk UMKM binaan BPR Dana Mandiri Bogor sebagai bukti bahwa UNPAM selalu mengutamakan kegiatannya  untuk membantu mencerdaskan dan mengabdi kepada bangsa.

PKM ini diadakan hari Minggu, 26 November 2023, bertempat di Desa Tugu Selatan, Kec. Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dan dimulai pada waktu Pukul 08.00 WIB sampai dengan selesai dan dikuti oleh 50 peserta UMKM mitra BPR Dana Mandiri Bogor dan dibarengi dengan kegiatan Donor Darah. Adapun temanya ialah “Pelatihan Manajemen UMKM” dengan materi yang diambil dari Manajemen Sumber Daya Manusia, Manajemen Pemasaran dan Manajemen Keuangan. 

Seperti diketahui bahwa UMKM memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. Data Kementerian KUKM pada tahun 2021, jumlah pelaku UMKM di Indonesia mencapai 64,2 juta dengan memberikan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen. Untuk wilayah Bogor dan sekitarnya, Jumlah UMKM pada tahun 2023 mencapai 73.336 berdasarkan data Dinas Koperasi, UKM, Perdagangan dan Perindustrian (DINKUMDAGIN) Kota Bogor. Jumlah ini mengalami kenaikan, dimana sebelumnya pada tahun 2021 jumlah UMKM berjumlah 68.992.

Ada beberapa masalah yang belum dapat terpecahkan dalam mengelola UMKM sehingga hal tersebut menjadi penghalang bagi pengembangan dan kemajuan UMKM, dan berakibat pada kalahnya persaingan dengan usaha dalam negeri maupun dari luar negeri. Oleh karena itu pelatihan manajemen sangat diperlukan, terutama menghadapi perkembangan teknologi. Masalah-masalah seperti produktivitas, laporan keuangan dan menentukan harga pokok produksi serta memanfaatkan platform penjualan online sering sekali ditemui di UMKM. 

Para dosen dan mahasiswa Universitas Pamulang beserta Dirut BPR Dana Mandiri Bogor (Dokpri)

Berdasarkan hal tersebut, Dosen dan 16 Mahasiswa Pascasarjana dan Universitas Pamulang memberikan pelatihan manajemen kepada UMKM binaan BPR Dana Mandiri Bogor dan warga Desa Tugu Selatan. PKM tersebut dihadiri Direktur Utama BPR Dana Mandiri Bogor Bpk. Risdianto Sudarno S. Ip, sedangkan Narasumber Pemateri dari Universitas Pamulang terdiri dari Dosen Pascasarjana Prodi Magister Manajemen yakni Bapak Dr. Ir. Sewaka, SE.MM., Dr. Mukrodi, SE., MM, Dr. Ir. Nardi Sunardi, SE., MM, Dr. Yayan Sudaryana,SE.,MM., Dr. Ir. Umi Rusilowati,SE., MM, Dr. Hadi Supratikta, SE.,MM., Dr. Masno Marjohan dan Dr. Kasmad, SE., MM  serta 4  kelompok PKM Mahasiswa Pascasarjana

Pelatihan Manajemen ini bertujuan menambah ilmu para peserta UMKM dan memperat tali silaturrahmi sesama pelaku UMKM, pengurus BPR Dana Mandiri Bogor serta Civitas Akademika Universitas Pamulang. Kegiatan ini memberikan pelatihan dan pengetahuan secara praktis mengenai ilmu manajemen dalam pengembangan UMKM dalam mengatasi permasalahan dalam membangun dan mengembangkan UMKM khususnya di sektor SDM, Keuangan dan Pemasaran.

"BPR Dana Mandiri Bogor didirikan pada tahun 1989, berkantor pusat di ciawi dan hingga saat ini memiliki sebanyak 121.000 debitur tetap, 812 karyawan wanita dan 40 karyawan pria serta mempunyai 3 cabang utama, yaitu di Kecamatan Cianjur, Tangerang Selatan dan Kecamatan Sukabumi.  BPR ini memiliki sekitar 60.000 nasabah di seluruh Bogor. Debitur utama BPR Dana Mandiri Bogor seluruhnya adalah wanita yang merupakan penggerak UMKM yang menjadi mitra BPR tersebut. Para Wanita UMKM ini berfungsi sebagai tambahan mata pencaharian keluarga dan sebagai penyedia wadah lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitarnya" ujar bapak Risdianto Sudarno,S.Ip dalam sambutannya selaku direktur utama BPR Dana Mandiri.

Penyerahan kenang-kenangan secara simbolis kepada peserta UMKM dari Mahasiswa UNPAM (Dokpri)

Kegiatan PKM ini diketuai oleh Sora Baltasar dan dipandu oleh MC yaitu Mohamad Farhan Hidayat. Mengawali Acara pelatihan ini dengan doa bersama yang dipimpin oleh Ana Rohana kemudian dilanjutkan dengan sambutan perwakilan Dosen Dr. Ir. Sewaka SE, MM., yang mengucapkan terima kasih atas sambutan yang luar biasa dari UMKM Binaan BPR Dana Mandiri Bogor dan Warga Desa Tugu Selatan, Bogor. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline