Lihat ke Halaman Asli

Beginilah Seharusnya Pendidikan Terbaik Itu!

Diperbarui: 24 Mei 2016   16:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Dalam Al Quran dikatakan: “Kalian adalah umat terbaik yang diturunkan kepada manusia, kalian menyeru mereka untuk berbuat amal sholih dengan cara yang ma’ruf, dan mencegah orang-orang berbuat kemungkaran..”

Duh, indah sekali, bukan? Sampaikan ajakan berbuat baik dengan cara yang lembut dan hikmah. Nggak boleh memaksa apalagi sampai melakukan pembunuhan dan terorisme.

Bukannya simpatik, yang ada malah semakin menjauh dan antipati.

Saya bukan ahli agama, bukan lulusan pesantren. Tapi karena tiba-tiba saja yang melintas di kepala saya adalah tentang ayat di atas, maka mari kita bedah pelan-pelan sesuai apa yang saya pahami.

Terbuka kesempatan buat siapa saja untuk memberikan komentar, kritik dan saran, juga masukan. Monggo sampaikan saja di kolom komentar.

Mari kita mulai..

Pertama, ayat Al Quran diturunkan kepada nabi Muhammad untuk keperluan umat melalui malaikat Jibril. Petunjuk itu (Al Quran) diberikan untuk orang-orang semasa Rasulullah hidup dan memang akan selalu relevan untuk dipakai kapanpun.

Tidak terbatas ruang dan waktu.

Maka jika kita mau jujur, tentu saja ayat di atas ditujukan untuk: nabi Muhammad dan para sahabatnya di masa beliau masih hidup. Sebut saja Abu Bakar, Umar, Utsman, dan Ali.

Mereka adalah orang-orang terbaik (umat terbaik) yang sudah di jamin masuk ke dalam surga. Sebuah tempat yang dirindukan banyak orang.

Siapa lagi yang jauh lebih baik dari mereka? Orang-orang yang berislam dengan taruhan harta dan jiwa! Orang-orang yang bahkan rela meninggalkan kampung halaman demi tetap kuatnya iman di dalam dada.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline