Lihat ke Halaman Asli

Empat Hal yang Harus Dihindari ketika Sedang Bertengkar dengan Pasangan

Diperbarui: 8 Oktober 2015   09:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar: Shutterstock

Mengharapkan rumah tangga yang selalu mulus-mulus saja tanpa masalah, adalah seperti mengharapkan pohon kelapa berbuah pisang. Mustahil alias tidak mungkin. Tidak pernah ada rumah tangga yang sepanjang perjalanannya selalu baik. Sebahagia-bahagianya pasangan suami istri, satu dua kali pasti pernah bertengkar.

Permasalahan dalam rumah tangga ini tak pandang bulu. Tidak peduli dia orang baik atau penjahat, ahli ibadah atau ahli maksiyat, semuanya pasti –mau tidak mau, akan mengalami permasalahan dalam rumah tangganya.

Sejarah bahkan mencatat, bahwa perempuan sekelas Siti Aisyah pun, yang keshalihahannya tak diragukan, pernah marah kepada Rasulullah saat sang nabi senantiasa menyebut-nyebut nama Khadijah. Konon, Aisyah sampai membanting piring. Ngambek.

 

Juga dengan Umar bin Khattab, seorang khalifah, pemimpin umat Islam, pernah diomeli istrinya. Waktu itu, ada seseorang yang datang ke rumahnya, ingin bercerita tentang masalah rumah tangga. Ia tak jadi mengetuk rumah Umar karena ketika baru sampai di depan rumahnya, istri Umar bin Khattab terdengar sedang mengomel.

Masalah rumah tangga akan dialami oleh siapa saja. Suatu saat mungkin keluarga saya, keluarga kalian, keluarga orang tua, atau siapa saja.

Nah, pertengkaran dalam hubungan rumah tangga adalah hal wajar. Tidak mengapa. Asal ia dilandasi dengan keimanan dan ketakwaan. Tidak kelewatan marah, tidak berlebihan.

Maka, setidaknya, ada empat hal yang harus dihindari ketika kita sedang jengkel –atau bertengkar, dengan pasangan kita.

Apa saja itu?

1. Hindari KDRT

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline