Lihat ke Halaman Asli

MEA & Pendidikan

Diperbarui: 30 Januari 2016   15:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Inovasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Jcomp

Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) atau dalam bahasa inggris dikenal sebagai ASEAN Economic Community (AEC) adalah sebuah integrasi ekonomi ASEAN dalam menghadapi perdagangan bebas antarnegara-negara ASEAN Seluruh negara anggota ASEAN telah menyepakati perjanjian ini. MEA dirancang untuk mewujudkan Wawasan ASEAN 2020. Dan perjanjian antara negara Asean mulai disepakati dimulai akhir 2015 atau memasuki awal tahun 2016. Hal ini disepakati oleh pemimpin ASEAN untuk meningkatkan serta bisa menyaingin Cina dan India untuk menarik investor asing. Dengan adanya penanaman modal asing maka lapangan kerja akan semakin meningkat dan daya saing antar individu maka akan semakin ketat.

Dalam Menghadapi MEA nanti maka dipastikan tenaga kerja asing dapat bekerja di Indonesia hal ini yang mungkin bagi sebagian orang yang belum siap untuk menghadapi MEA, dikarenakan tingkat keahlihan dan pendidikan tenaga asing terutama di Asean seperti Malaysia, Singapura dan Thailand jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia, dimana Indonesia menduduki peringkat keempat di ASEAN.

Permasalahan yang paling penting kenapa kita kalah dengan negara-negara lain karena tingkat kualitas pendidikan kita masih rendah dibandingkan dengan negara lain dan mayoritas pendidikan tenaga kerja kita masih berpendidikan sekolah dasar dan lebih banyak bekerja di sektor informal.

Untuk mengatasi masalah tersebut diharapkan pemerintah dapat lebih meningkatkan mutu pendidikan kita, tetapi kita juga tidak bisa hanya berpangku tangan dengan mengandalkan pemerintah. Dengan permasalahan tersebut maka kami tim bangsacerdas mencoba membangun satu platform pendidikan berbasis multimedia  atau online course dan semua bahan diberikan dalam bahasa Indonesia dan diharapkan bagi teman-teman yang belum paham berbahasa Inggris dapat mengikuti pelatihan yang diberikan. Diharapkan bangsacerdas dapat mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang berkualitas dalam menghadapi era keterbukaan ASEAN.

Sebagai informasi bangsacerdas.com baru dilaunching pada tanggal 1 januari 2016 dan terus dikembangkan oleh team kami dari sisi platform dan sisi konten. Kami juga mengundang kawan-kawan yang mempunyai kepedulian dalam pendidikan di Indonesia untuk mengajar di bangsacerdas.com dengan mendaftar pada platform kami dan mengajukan diri anda menjadi pengajar dengan mengirimkan email kepada kami di official.bangsacerdas.com@gmail.com dan kami akan mengrimkan toolkit untuk pengajar.

Informasi yang terakhir yang ingin saya sampaikan bahwa kami mempunyai program CSR yaitu Bangsacerdaspeduli di mana dengan anda mendaftar dan mengikuti materi kami, anda telah mendukung perbaikan infrastruktur bagi kemajuan pendidikan di Indonesia. Fyi, dari satu pendaftaran, kami akan mendonasikan Rp 1.000,- dari kas kami. Lalu, dana yang terkumpul akan kami sumbangkan ke sekolah-sekolah dasar yang belum terjamah pemerintah pusat dan daerah. Ayo teman-teman daftar segera, selain mendapatkan ilmu secara gratis, anda juga membantu adik-adik kita yang lain ‪#‎bangsacerdaspeduli‬

silakan daftarkan diri teman-teman di https://bangsacerdas.com anda dapat mengikuti kusus online secara gratis

 

Sumber :https://blog.bangsacerdas.com/2016/01/12/mea-pendidikan/




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline