Lihat ke Halaman Asli

Bang Pilot

Petani, penangkar benih tanaman, konsultan pertanian.

Mengapa Tidak Ada Saklar Utama di Mobil Kita?

Diperbarui: 17 Juni 2015   15:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

14178767242058115956

[caption id="attachment_381075" align="alignnone" width="300" caption="Bus terbakar diduga akibat hubungan pendek"][/caption]

Aden, supir kami, menstarter truk colt diesel di depan rumah. Tiba-tiba api lumayan besar menyala di dekat chasis, sebelah dalam ban depan kiri. Anwar, kernet truk, panic. Ia lalu mengambil segayung air dan menyiramkannya ke arah kobaran api. Namun air tak mampu menyentuh titik api karena tempatnya cukup terlindung.

Saya kemudian mengisi mulut sepenuh-penuhnya dengan air, melesakkan kepala di celah-celah ban, lalu menyemburkan air itu kearah titik api. Api langsung padam. Namun masih terus berasap. Saya segera membuka baut terminal batere. Asap pun segera berhenti mengepul.

Lucunya, setelah itu barulah kami ingat pada tabung racun api yang nangkring di dalam kabin supir. Ya sudahlah, hitung-hitung gak perlu refill.

Kami pun kemudian memeriksa musabab api berkobar. Ternyata kabel input motor starter ada yang terhubung singkat dengan chasis bagian dalam. Ini terjadi karena selubung karet kabel itu sudah aus dan luka karena gesekan akibat getaran. Hubungan singkat alias korsleting itu menyebabkan serabut tembaga kabel jadi panas berpijar lalu membakar selubung karet kabel itu.

Lokoci-nya, tidak ada cara cepat untuk menghentikan hubungan singkat itu, selain membuka baut terminal batere. Nasib baiknya, baut terminal batere truk kami itu posisinya terbuka dan mudah dijangkau. Tidak terbayang jika posisinya tertutup atau sulit dijangkau. Panas kabel hanya akan berhenti saat cadangan arus di dalam batere sudah habis. Mungkin hal inilah yang membuat mobil-mobil naas lain luluh lantak dimakan api, sementara pengendaranya tak mampu berbuat banyak. Terutama jika titik api terjadi di area yang sulit dijangkau.

Disinilah mungkin sangat dibutuhkan adanya saklar utama pada mobil. Saklar manual ini difungsikan untuk memutus hubungan kabel utama arus positif batere ke semua jalur pada instalasi kelistrikan mobil atau kenderaan bermotor lain. Sehingga jika terjadi hubungan pendek, kebakaran yang meluas dapat diminimalisir dan penanganan pemadaman akan lebih mudah.

ilustrasi :  http://data.tribunnews.com/foto/bank/images/Buswat-Transjakarta-Terbakar-di-Bundaran-HI.jpg

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline