Lihat ke Halaman Asli

Bang Nasr

Nasruddin Latief

Kecerdikan Israel...!!!

Diperbarui: 26 Juni 2015   14:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Politik. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Baru-baru media massa di Timur Tengah melaporkan mengenai pencurian uranium Mesir yang dilakukan oleh Israel dari Gurun Sinai pada tahun 1950-an. Percurian uranium tersebut, bukan calang-calang, tapi dalam jumlah besar. Uranium tersebut dipergunakan untuk kepentingan reaktor nuklir Israel di Gurun Demona yang terletak di Gurun Pasir Naqab, Israel Selatan untuk memproduksi bom nuklir. Berita tersebut diungkapkan oleh Ilmuwan Israel, Orye'el Bakhrakh (83 tahun) yang menulis dalam sebuah buku yang berjudul "Quwwatul ilm".

Buku tersebut ditulis dalam bahasa Ibrani, belum lama ini dan  menggegerkan informasi yang berbahaya bagi Israel tentunya ketika dia menegaskan bahwa Israel telah mencuri jumlah yang sangat besar uranium Mesir . Bakhrakh mengakui bahwa dia pada tahun 1949 bersama tim sains dari Pasukan Angkatan Bersenjata Israel melakukan perjalanan riset untuk mencari tahu di Gurun Sinai, dengan menyamar dan mengaku sebagai para insinyur Jerman yang sedang melakukan riset Geologi di Gurun Sinai.

Tentu saja berita tersebut membuat beragam komentar dan opini. Misalnya, Koran Israel Haaretz mengomentari berita tersebut dengan mengatakan bahwa Bakhrakh telah menembus batas-batas bahaya keamanan Israel, dan mengungkap 'kegelapan' nuklir Israel dan juga mengungkap diantara halaman bukunya mengenai informasi kerahasiaan sekitar nuklir Israel.

Tentu saja informasi tersebut membuat Mesir memprotes dan akan menuntut ke mahkamah Kriminal Internasional (ICC). Melalui para ahlinya Mesir menegaskan bahwa pihaknya berhak untuk mengajukan dakwaan kepada Israel kepada Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) dengan tuduhan mencuri fosfat Mesir yang kaya dengan uranium dan dipergunakan di reaktor nuklir Demona untuk memproduksi senjata nuklir. Mereka yakin bahwa Mahkamah Kriminal Internasional (ICC) akan memenangkan Mesir karena mereka menipu dan memalsukan diri dan mengekploitasi kekayaan Mesir secara tidak sah. dan Informasi tersebut sebagai buktinya. Israel saat ini mempunyai lebih 200 buah kepala nuklir yang siap diluncurkan ke semua ibu kota negara Arab. Informasi tersebut telah beredar dan telah diakui oleh sumber-sumber kalangan Israel.

Israel memang cerdik,,,

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline