Lihat ke Halaman Asli

Abdullah Muzi Marpaung

Seorang pejalan kaki

1001 Kegiatan Sains Sehari-hari - Hari 1-7

Diperbarui: 14 Juli 2024   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

0001
Berikan sebuah kaca pembesar kepada anak. Biarkan ia mengamati keadaan sekitarnya dengan kaca pembesar itu. Kemudian dengarkan ceritanya.

0002
Berikan sebatang magnet kepada anak. Temani ia mengeksplorasi berbagai benda di sekitar untuk menemukan benda apa saja yang dapat atau tidak dapat ditarik oleh magnet. Dengarkan celotehnya. Dorong ia untuk berani menganalisis dan menyimpulkan.

0003
Minta anak untuk memejamkan mata, lalu memusatkan perhatian untuk mendengarkan suara-suara di sekitar. Setelah satu dua menit, minta ia membuka mata lalu menyebutkan suara apa saja yang ia dengar. Kegiatan ini sebaiknya dilakukan berkala, misalkan sebulan sekali setiap tanggal 2.

0004
Pilih dua benda yang berbeda, misalnya sendok dan sapu. Amati kedua benda tersebut dan ngobrollah dengan anak untuk menemukan sebanyak mungkin persamaan dari kedua benda tersebut. Kegiatan ini dapat diulangi dengan memilih benda-benda yang lain. Bergantianlah dengan anak di dalam memilih benda yang akan diamati.

0005
Pilih dua benda yang sejenis atau mirip, misalnya dua bolpen dengan merk berbeda. Amati keduanya dan ngobrollah dengan anak untuk menemukan sebanyak mungkin perbedaan dari kedua benda sejenis tersebut. Dua benda yang dipilih dapat pula dari jenis yang berbeda, tetapi memiliki banyak kemiripan. Misalnya gula dan garam. Kegiatan ini dapat diulangi dengan memilih benda-benda yang lain. Bergantianlah dengan anak di dalam memilih benda yang akan diamati.

0006
Bersama anak sediakan wadah yang cukup besar, misalkan ember. Isi wadah tersebut dengan air sampai sekitar setengahnya. Masukkan sendok logam dan sedotan plastik ke dalam wadah tadi. Sendok logam akan berada di dasar wadah, sedangkan sedotan plastik berada di permukaan air. Perkenalkan istilah tenggelam dan terapung jika anak belum mengenal istilah tersebut.

Minta anak untuk mengumpulkan sebanyak mungkin benda di sekitar yang tidak rusak atau berbahaya jika dimasukkan ke air. Minta anak untuk memasukkan satu per satu benda tersebut ke wadah . Akan tetapi minta dia untuk terlebih dahulu memperkirakan, apakah benda tersebut akan terapung atau tenggelam di air.

0007
Siapkan dua batang lilin. Nyalakan salah satu lilin selama sekitar satu menit, lalu padamkan. Minta anak untuk menyebutkan sebanyak mungkin perubahan yang terjadi pada lilin setelah dibakar. Pandulah anak untuk mengamati seluruh bagian lilin secara cermat.

#1001_kegiatan_sains_sehari_hari




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline