Lihat ke Halaman Asli

Abdullah Muzi Marpaung

Seorang pejalan kaki

Partisipasi Survei Melambat Mengikuti Suatu Pola

Diperbarui: 9 Juni 2024   21:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi/A. Muzi Marpaung

Jika kita melakukan suatu survei menggunakan Google Form, waktu pengisian survei oleh setiap responden akan tercatat. Dengan demikian kita akan dapat mengamati  pergerakan jumlah responden dari waktu ke waktu.

Sepintas, dapat kita rasakan bahwa pertambahan jumlah responden melambat sejalan dengan waktu. Pertanyaannya ialah, apakah perlambatan pertambahan jumlah responden itu mengikuti suatu pola, dan oleh karenanya dapat dibuat suatu model persamaan? 

Ada beberapa kali saya melakukan survei dengan teman-teman di media sosial sebagai responden. Survei dilakukan serempak melalui  Facebook dan beberapa grup WhatsApp. Ada himbauan untuk membagai tautan survei kepada siapa saja, tetapi tidak ada himbauan ulang secara berkala untuk mengajak partisipasi orang di dalam survei. 

Setelah survei berlangsung 24 jam, data waktu entri responden saya rangkum dan jumlah total responden per interval 180 menit atau tiga jam saya hitung. Hasilnya adalah seperti grafik yang berasal dari dua survei berikut ini.

Pada kedua hasil survei tersebut terlihat pola perlambatan pertambahan jumlah responden yang nyata. Uji regresi menunjukkan relasi yang sangat kuat antara log natural (ln) waktu (menit) dengan jumlah responden (koefisien determinasi, R-kuadrat > 0,9). 

Singkat kata, pertambahan jumlah orang yang berpartisipasi dalam survei melambat mengikuti fungsi logaritma natural.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline