Lihat ke Halaman Asli

Abdullah Muzi Marpaung

Seorang pejalan kaki

"Lapangan Tenis" di Tubuh Kita

Diperbarui: 12 Oktober 2020   09:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kesehatan. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Schantalao

Apa pula ini? Mana ada lapangan tenis di tubuh kita? Secara harafiah memang tidak ada. Akan tetapi, wilayah seluas lapangan tenis memang benar ada di dalam tubuh kita!

Makanan yang kita makan sudah mulai dicerna sejak kita kunyah di dalam mulut. Proses pencernaan berlanjut ke lambung. Setelah satu hingga dua jam, dari lambung makanan yang sebagian sudah dicerna ini dikirimkan ke usus halus untuk pencernaan lebih lanjut. 

Di usus halus, lemak -- dengan bantuan asam empedu -- dicerna oleh enzim lipase. Pada akhirnya, sari makanan hasil pencernaan ini siap diserap oleh darah untuk dibawa ke seluruh sel di tubuh.

Usus halus kita, apabila dibentangkan, kira-kira menyerupai selang dengan panjang umumnya berkisar antara 3 hingga 5 meter, dengan garis tengah normal 2,5 cm. 

Bahkan ada juga yang memiliki usus halus sepanjang 10 meter. Usus halus merupakan organ paling panjang dalam tubuh kita. Kita ketahui bahwa usus halus terdiri dari 3 bagian. Yang pertama dan yang paling pendek ialah duodenum (20-25 cm). 

Yang kedua, jejunum, sekitar 2,5 meter. Yang ketiga, yang paling panjang, adalah ileum (sekitar 3 meter).  Meskipun cukup panjang, jika struktur permukaannya polos saja, maka permukaan usus halus tidak cukup luas untuk darah secara cepat menyerap sari makanan. Lalu bagaimana caranya agar permukaan usus halus cukup luas untuk memungkinkan terjadinya penyerapan dengan efektif dan efeisien?

Inilah salah satu fakta menarik dari rancangan tubuh kita. Usus halus itu memiliki apa yang dulu mungkin pernah kita pelajari di sekolah dasar atau sekolah menengah, yaitu jonjot-jonjot usus. Secara lebih detail, pada permukaan usus halus kita terdapat tiga struktur, yaitu lipatan mukosa, vili, dan mikrovili.

Sisi dalam dari permukaan usus halus kita atau mukosa, tidaklah rata, melainkan menghampar dalam banyak lipatan. Struktur ini meningkatkan luas permukaan dan mengatur aliran makanan. 

Kemudian pada lipatan mukosa itu terdapat banyak vili yang berbentuk seperti benang. Selanjutnya pada setiap vili terdapat semacam rambut-rambut halus yang disebut dengan mikrovili. 

Gabungan ketiga struktur ini menghasilkan luas permukaan yang spektakuler, yaitu sekitar 250 meter persegi atau sekitar seluas lapangan tenis!




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline