Lihat ke Halaman Asli

Pengertian Retail

Diperbarui: 24 Juni 2015   10:39

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Seperti yang kita lihat di berbagai sudut kota hingga pedesaan, maraknya pembangunan minimarket atau usaha retail terus menjamur. Usaha yang mayoritas berupa franchise atau  ritel sendiri tumbuh berkembang laksana jamur. Pertumbuhan retail yang tidak terkontrol seringkali merusak pedagang kecil, karena jarak antar minimarket tersebut berdekatan.

Ritel ini memiliki definisi yakni memecah suatu alur atau harga, menghubungkan langsung antara produsen dengan konsumen akhir. Menurut Harfiah, ritel bermakna orang yang menjual barang secara eceran atau pengusaha perdagangan eceran. Makna ini bila kita lihat di kamus, penjualan barang atau jasa kepada khalayak.

Retail ini bermakna keseluruhan aktivitas bisnis yang menjual produk dan jasa kepada khalayak ramai untuk digunakan sendiri. Tujuan akhir daripada ritel ini adalah mendapatkan harga yang lebih murah, dan barang tersebut langsung dikonsumsi oleh konsumen. Davidson (1998) menjelaskan bahwa ritel ini suatu kegiatan bisnis dengan target 50% dari barang terjual langsung tertuju pada konsumen akhir.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline