Lihat ke Halaman Asli

Nur Khothib Muchammad

Mahasiswa PAI'19 IAIN JEMBER

Filsafat Pendidikan Esensialisme

Diperbarui: 13 Mei 2020   18:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Filsafat. Sumber ilustrasi: PEXELS/Wirestock

Esensialime menurut kamus bahasa indonesia terdapat kata "esensi" yang artinya hakikat, inti, dasar, dan "isme" adalah sebuah aliran, jadi bisa disimpulkan bahwa esensialime adalah sebuah aliran yang mengembalikan sesuatu kepada hakikat dasar yang sebenarnya.

menurut Johan Frieddrich Herbart berpendapat bahwa tujuan pendidikan menyesuaikan jiwa sedeorang dengan kebijakan Tuhan artinya adanya penyesuaian dengan hukum kesusilaan.

aliran esensialime ini tidak lepas dengan metode tradisional yakni metode dimana sumber pengetahuan berpatokan yang berasal dari guru dan buku saja. tetapi bukan berrti pada saat ini siswa tidak boleh memiliki ide2 yang baru.
maksud dari pemahaman itu adalah peserta didik pada zaman sekarang boleh membuat ide baru tetapi dengan catatan harus ada konfirmasi kepada guru atau di cocokkan dengan buku. jadi siswa boleh menciptakan ide yang baru tetapi harus sepaham dengan ilmu pengetahuan yang tradisional.

bahwa esensialisme itu menawarkan sebuah teori yang kokoh, tentng pendidikan sedangkan sekolah2 pesaingnya memberikan teori yang lemah..

aliran esensialisme ini sudh menyediakan banyak teori2 pembelajaran yang kuat dan kokoh untuk pendidikan, tetapi pada kenyataannya sekarang pada sekolah2 progesivismenya itu lemah, maksdnya cara penyampiannya kepda siswa itu lemah bgitu..

contoh
ketika seorang mahasiswa dididik untuk menjadi seorang guru, ia telah belajar berbagai macam teori pembelajaran yang baik dan menarik pada waktu kuliah tetapi ketika ia lulus dan menjadi guru.. ia lemah dalam hal penyampaian sebuah pelajaran.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline