Lihat ke Halaman Asli

Helmi Abu Bakar elLangkawi

Pengiat Sosial Kegamaan dan Esais di berbagai Media serta Pendidik di Lembaga Pendidikan Islam

Semaraknya Peringatan Maulid Nabi di Gampong Blang dalam Pidie Jaya

Diperbarui: 7 Oktober 2022   22:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

 PIDIE JAYA-

Memasuki malam kelahiran Nabi Muhammad Saw, tepatnya 12 Rabiul Awal, warga Gampong Blang Dalam Kecamatan Bandar Dua Kabupaten Pidie Jaya memperingati Maulid Nabi dengan menggelar tausiyah dan zikir bersama di Meunasah Gampong setempat, Jum'at, (07/10/2021/2).

dokpri

Tgk. Rizal Arafat, S. Pd Ketua pelaksana maulid Gampong setempat mengatakan kegiatan zikir maulid dan ceramah agama diisi oleh Tgk Jamaluddin atau akrab disapa Abi Jamaluddin Meugit.

dokpri

"Acara tersebut digelar setelah shalat Isya berjamaah di Meunasah Gampong setempat dan kegiatan tersebut merupakan tradisi dalam memperingati hari lahir Nabi Muhammad SAW. Dan ini selalu dilaksanakan pada setiap 12 Rabiul Awal tahun Hijriah sebagai bentuk ritual keagamaan umat Islam setiap tahun," lanjutnya.

dokpri

Rizal menambahkan acara menyemarakkan malam kelahiran Nabi Muhammad Saw sudah menjadi agenda rutin setiap tahun sejak dulu dan Tradisi ini tidak hanya dilakukan di negeri Japakeh Pidie Jaya juga Aceh maupun Indonesia, bahkan di belahan dunia lain sejumlah negara juga melakukan hal yang sama.

Keuchik Gampong Blang Dalam Mukhtar M Ali mengatakan, acara zikir dan tausiyah maulid ini bertujuan untuk menyambut hari lahirnya baginda Rasullah SAW, dan juga membentuk karakter generasi muda generasi muda agar lebih cinta terhadap agama dan selalu mengikuti jejak Rasullah dengan mengenang hari lahir Nabi Muhammad SAW.

dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline